KPU Larang Rilis Survei Di Masa Tenang Pemilu

Arief Budiman - KPU Arief Budiman - KPU IST

Berita9.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman mengingatkan lembaga survei tak boleh bandel dengan merilis hasil survei, saat massa tenang Pemilu 2019. Massa tenang berlaku mulai tanggal 14 April-16 April 2019.

Arief menekankan, sudah ada aturan terkait larangan survei tak boleh dirilis saat minggu tenang pemilu.

“Nah, sudah diatur survei itu bagaimana, siapa, kapan sudah ditentukan. Tidak boleh masa tenang, survei. Tidak boleh melakukan survei,” kata Arief di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa 12 Maret 2019.

Sebelumnya, anggota KPU, Hasyim Asyari meminta publik tak menaruh perhatian terhadap rilis lembaga survei yang kredibilitasnya diragukan. Hal ini, mengingat tahapan pemungutan suara makin dekat dengan menyisakan sebulan lagi.

Hasyim menekankan, praktik lembaga survei bodong kerap mengemuka menjelang Pemilu untuk memengaruhi preferensi politik pemilih dengan cara yang tidak benar.

"Lembaga survei seperti ini dicueki saja. Tidak usah ditanggapi dan media tidak usah ikut mempublikasikan," ujar Hasyim dalam diskusi 'Survei dan Demokrasi' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu lalu, 9 Maret 2019. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top