LIPI Nilai Rempah Seperti Jahe dan Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona

Wedang Jahe Angkringan Wedang Jahe Angkringan IST

Berita9.com - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI Latif Adam menilai penelitian soal rempah-rempah seperti jahe dan kunyit bisa ampuh menangkal wabah Virus Corona Covid-19 itu telah teruji kebenarannya.

Apabila ramuan rempah-rempah itu diminum secara teratur akan menambah imun tubuh. Maka, hal itu patut dibanggakan bahwa komoditas pertanian Indonesia yang ada di berbagai Tanah Air yang memiliki keunggulan.

Beberapa waktu terakhir muncul kabar adanya temuan guru besar Universitas Airlangga Chairil Anwar Nidom yang menyebutkan ramuan dari rempah seperti jahe, kunyit, sereh, dan temulawak bisa jadi penangkal Virus Corona.
 
"Selain ampuh tangkal Virus Corona, jahe, kunyit, dan rempah lainnya memang sudah dimanfaatkan lama sebagai bahan jamu tradisional untuk kesehatan. Inilah kehebatan komoditasi pertanian kita," kata Latif di Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Dengan begitu, Latif mengatakan, Indonesia dapat percaya diri kembali mempopulerkan keunggulan rempah nasional ke pasar dunia sehingga memberikan keuntungan ekonomi untuk negara.

"Ini sebuah peluang ke depan, komoditas rempah Indonesia dapat berjaya lagi di kompetisi pasar internasional. Asal dikelola secara baik. Rempah menjadi salah satu unsur membawa pertanian kita berdaya saing," ujarnya. 

Untuk itu, ia mendorong Kementerian Pertanian yang sejauh ini telah punya keseriusan mengelola rempah dengan tekad membawa lagi jadi rebutan di perdagangan internasional.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua orang warga negara Indonesia (WNI) asal Depok, Jawa Barat, yang positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 kini sudah ditangani di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

"Rumahnya di cek. Ibu dan anak. (Umurnya) 31 dan 61 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," tuturnya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top