MAKI Dukung KPK Usut Tuntas Aktor Korupsi Suap Dibalik PAW PDIP

Boyamin bin Saiman - Koordinator MAKI Boyamin bin Saiman - Koordinator MAKI

Berita9.com - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, meminta KPK membongkar aktor intelektual kasus korupsi suap pengganti antar waktu (PAW) di DPR. Kasus tersebut telah menyeret komisioner KPU, Wahyu Setiawan, dan kader PDI Perjuangan.

Boy mengatakan, MAKI mendukung penuh KPK mengusut semua jaringan Wahyu Setiawan. Ia yakin masih ada aktor lain yang belum ditangkap oleh lembaga yang berkantor di Kuningan, Jakarta Selatan itu.

“KPK segera menyidik pihak-pihak lain yang diduga terlibat, termasuk pihak-pihak yang menyediakan uang untuk suap,” kata Boyamin melalui pesan singkat, Ahad (12/1).

Ia menegaskan, jika lembaga antirasuah itu telah menemukan dua alat bukti maka segera ditetapkan tersangka. Hal itu penting untuk menghilangkan kecurigaan publik dan mengembalikan kepercayaan masyarakat ke KPU dan KPK.

Selain itu, KPK juga harus menuntaskan penggeledahan dan penyitaan di Kantor DPP PDI Perjuangan. KPK sempat akan melakukan penggeledahan di Kantor DPP PDI perjuangan, Jakarta pada Kamis (9/1).

“Jika perlu menerapkan pasal menghalangi penyidikan bagi pihak-pihak yang merintangi penggeledahan dan penyitaan,” ujar dia.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsuddin, mendukung penuh KPK mengusut tuntas kasus tersebut. Hal itu penting agar tidak menimbulkan ketidakpercayaan publik kepada KPU dan KPK.

“Serahkan langkah hukum sepenuhnya pada KPK. Saya yakin KPK akan profesional. Sekalipun yang terlibat orang-orang yang dekat dengan kekuasaan. Usut tuntas agar terang benderang,” tegasnya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top