Menang Gugatan di PTUN, PKPI Langsung Gelar Rakornas

Rakornas PKPI akan membahas program-program partai baik pusat maupun daerah Rakornas PKPI akan membahas program-program partai baik pusat maupun daerah IST

Berita9.com - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) baru saja dinyatakan lolos sebagai kontestan pemilu 2019 setelah melalui persidangan di PTUN, Rabu (11/4).

Sebagai ucapan syukur sekaligus membahas perencanaan ke depan, partai pimpinan AM Hendropriyono ini langsung menggelar Rakornas di kantor barunya, Jl. Juraganan I Senayan, Jakarta.

"Sekali kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan para kader PKPI atas lolosnya partai kami. Siang ini jam 2 kita langsung Rakornas," kata Ketua Bidang Keorganisasian DPP PKPI Rully Soekarta.

Rakornas ini akan membahas program-program partai baik pusat maupun daerah. Selain itu Rakornas ini juga dirangkai dengan peresmian kantor baru PKPI di daerah Senayan.

"Pengurus daerah juga sudah berkumpul dari malam. Intinya dalam Rakornas harus disusun program PKPI yang membumi pada rakyat," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah menolak permohonan gugatan PKPI terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Bawaslu menilai bahwa persyaratan kepengurusan dan keanggotaan PKPI secara kumulatif tidak memenuhi syarat (TMS) di 4 provinsi dan 73 kabupaten/kota. 

Padahal, untuk menjadi peserta Pemilu 2019, partai politik harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi dan 75 persen kepengurusan kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.

Parpol juga harus memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1 per 1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai tahapan akhir Pemilu.

(**/RM)

Rate this item
(0 votes)
Go to top