Mentan Mulai Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadhan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman Menteri Pertanian Amran Sulaiman IST

Berita9.com - Pemerintah melakukan antisipasi sejak dini untuk menghindari kenaikan harga bahan pangan menjelang bulan Ramadhan 1439 Hijriah dengan menyiapkan stok sejumlah komoditas.

"Persiapannya adalah kita persiapkan stok mulai beras, bawang, cabe, daging, telor, ayam," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Jakarta.

Pemerintah, dibawah koordinasi Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, telah melakukan rapat koordinasi membahas upaya stabilisasi harga bahan pangan.

Menteri Pertanian Amran menjelaskan salah satu bahan pangan yang menjadi prioritas untuk stabilisasi harga dalam arahan Presiden Joko Widodo adalah komoditas beras.

"Kami sudah bersama Pak Menteri Perdagangan(Enggartiasto Lukita), Ibu Menteri BUMN(Rini Soemarno), atas arahan Pak Menko Perekonomian, atas arahan Bapak Presiden Jokowi dan Pak Wapres JK, kita harus stabilkan harga dan melakukan persiapan lebih awal," kata Amran.

Selain itu, Mentan menjelaskan stok ayam potong dan telur ayam berada pada posisi mencukupi dan stabil.

Untuk ayam potong dan telur ayam, Amran menjelaskan Indonesia kembali mengekspor komoditas tersebut ke Jepang pada dua pekan mendatang.

Selain itu, untuk komoditas bawang merah, Amran mengatakan Indonesia telah mengekspor ke enam negara dan komoditas jagung juga diekspor ke lima negara.

(**/Ant)

Rate this item
(0 votes)
Go to top