Print this page

Mungkin Karena Isu Kecurangan Pemilu Jadi Survey Amerika Penasaran

Ferdinand Hutahaean Ferdinand Hutahaean IST

Berita9.com - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean, merespons isu munculnya hasil survei dari Precision Public Policy Polling (PPPP), sebuah lembaga survei berasal dari Amerika Serikat.

Dalam survei tersebut menunjukkan kemenangan Prabowo atas Jokowi. Ferdinand menilai, alasan mengapa PPPP ikut melakukan survei karena ia menilai sudah banyak fenomena yang tidak benar muncul menjelang Pemilu 2019.

"Artinya bahwa politik kita sekarang sangat menarik bagi pihak asing, bagi dunia luar, mengapa mereka harus menjadi merasa perlu untuk turun melakukan survei terkait dengan pemilu?," katanya, Selasa (9/4/2019).

"Karena mungkin saya duga pihak asing ini melihat gelagat-gelagat yang tidak baik dan tidak benar muncul di permukaan, kecurang-kecurangan muncul dipermukaan, sehingga mereka, apalagi Amerika yang terkenal dengan demokrasi yang cukup baik, merasa perlu untuk turut mengawal demokrasi, jadi bukan untuk perlu atau tidak perlu, tapi ini tanggung jawab moril dari sebuah lembaga survei yang harus mengawal demokrasi di setiap negara," lanjut Ferdinand.

Ferdinand menilai bahwa bukan saatnya lagi mempertanyakan perlu atau tidaknya sebuah lembaga asing ikut melakukan survei, tapi yang patut dicari tahu mengapa pihak asing turut terlibat melakukan survei di Indonesia terkait Pilpres 2019.

"Lembaga-lembaga survei yang selama ini dicurigai publik tidak jujur sedikit banyak harus berkaca dan malu jika membandingkan dengan hasil survei yang dilakukan PPPP dari Amerika," katanya. (*)

Rate this item
(0 votes)