OTT Pimpinan KPU Wahyu Setiawan, KPK Amankan Uang Senilai Rp 400 Juta

 Wahyu Setiawan saat Diskusi Pemilu Bersih Wahyu Setiawan saat Diskusi Pemilu Bersih IST
Berita9.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan giat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, Rabu (8/1).
 
Bersama Wahyu, KPK menangkap tiga orang lainnya yang disebut-sebut berasal dari kalangan politisi. Dalam OTT itu, KPK mengamankan barang bukti uang asing senilai Rp 400 juta.
 
"Dirupiahkan sekitar Rp 400 juta, mata uang asing," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar kepada wartawan, Kamis (9/1).
 
Namun, Lili mengaku belum mengetahui uang tersebut diamankan berasal dari siapa. Yang pasti, lanjut Lili, selain Wahyu pihaknya juga mengamankan tiga orang lainnya.
 
"Saya tidak paham dan diterima dari siapa (uangnya), saya belum tahu. Tapi ada tiga orang (selain WS) dibawa ke KPK," tutupnya.
 
KPK langsung menggeledah kantor DPP PDIP, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat membenarkan KPK ingin menggeledah kantor mereka. Namun, penyidik tidak diizinkan menggeledah kantor DPP PDIP.
 
"Iya, saya sudah kontak (DPP) tadi tapi informasi yang saya terima bahwa ada tidak ada bukti-bukti kuat, seperti surat tugas dan lain-lain," kata Djarot di Jakarta, Kamis (9/1) soal penolakan penggeledahan di DPP.
 
Dia mengatakan, para penyidik KPK tidak diizinkan menggeledah DPP dengan alasan mereka tidak memiliki bukti-bukti yang jelas. Mantan gubernur DKI Jakarta itu membantah partai menolak untuk digeledah. Kedatangan penyidik KPK disebut-sebut ingin menggeledah ruang kerja Sekreraris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto. (*)
Rate this item
(0 votes)
Go to top