Pemilihan Kabareskrim Masih Proses, Bukan Bagi-Bagi Kekuasaan

Ahmad Sahroni  - Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni - Wakil Ketua Komisi III IST

Berita9.com - Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni mengatakan belum terisinya jabatan Kabareskrim diyakini sebagai bagian dari proses seleksi Kapolri mencari sosok dipercaya memimpin Korps Bhayangkara.

"Kabareskrim merupakan jabatan strategis di tubuh Polri terkait penegakan hukum," ujarnya.

Dirinya menegaskan penentuan sosok Kabareskrim bukan sebagai bentuk berbagi kekuasaan di tubuh Polri. Karena Polri masih memilah sosok terbaik berkualitas yang akan membantunya memimpin fungsi penegakan hukum tersebut.

"Terkait belum ada sosok diumumkan saya meyakini hal itu karena sedang dalam proses pemilahan agar Kapolri Jenderal Idham Azis tidak salah memilih assistennya dan bukan bagi-bagi kekuasaan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Sahroni mengingatkan pemilihan Kabareskrim tak boleh dipengaruhi pihak eksternal. Loyalitas hingga kemampuan bersinergi dalam percepatan program menjadi alasan terpenting mengapa penentuan Kabareskrim harus menjadi hak sepenuhnya Kapolri tanpa adanya campur tangan eksternal.

"Itu hak penuh Kapolri untuk memilih asistennya sebagai Kabareskrim. Tidak boleh ada pihak eksternal yang boleh ikut campur dalam penentuan Kabareskrim. Saya selaku Wakil Ketua Komisi III mendukung Kapolri. Siapapun yang terpilih menjadi assisten Kapolri sebagai Kabareskrim itu adalah yang terbaik untuk Polri," ujar Bendahara Umum Partai NasDem ini. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top