Pemkab Sleman Gelar Rakor Bersama Desa Wisata Sikapi Adanya New Normal

Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko rencananya akan dibuka awal Juni Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko rencananya akan dibuka awal Juni IST

Berita9.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bersiap menyambut wisatawan di masa new normal pada bulan Juni mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, sebagai salah satu daerah yang menjadi proyek percontohan new normal pariwisata Indonesia, sedikitnya ada dua destinasi wisata di Kabupaten Sleman yang akan dibuka pada awal Juni 2020 yaitu Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko.

Nantinya, di obyek wisata tersebut akan tetap diberlakukan prosedur tetap pencegahan COVID-19, bagi pengelola obyek wisata, pengunjung dan sumber daya manusia lain yang mendukung pariwisata setempat.

"Kami sedang mempersiapkan semuanya, kami juga sudah memasang wastafel untuk 62 destinasi dan desa wisata di Sleman," terangnya, pada Selasa (26/5/2020).

Selain wajib mencuci tangan menggunakan sabun, di destinasi wisata para pengunjung juga wajib mematuhi peraturan seperti menggunakan masker dan saling menjaga jarak fisik.

"Beberapa destinasi wisata juga kami lengkapi dengan thermo gun," ucapnya.

Rencananya, dalam pekan ini pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi dengan para pengelila desa wisata. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan, bila sewaktu-waktu desa wisata sudah bisa dibuka.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, hingga Senin (25/5/2020) malam, pintu masuk menuju objek wisata Kaliurang di pintu loket sebelah timur (Jalan Kaliurang) masih dijaga ketat oleh sejumlah petugas dan diberlakukan buka tutup portal. Portal hanya bisa dilewati oleh warga desa setempat dan wisatawan tidak diperkenankan melewatinya.

Penutupan juga berlaku di pintu loket sebelah barat (Jalan Boyong). Sehingga, tidak ada akses masuk bagi wisatawan untuk memasuki area tersebut. (*)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top