Penuntasan BLBI Jangan Terhenti di Sjamsul Nursalim

Achmad Deni Daruri - Presiden Direktur Center of Banking Crisis Achmad Deni Daruri - Presiden Direktur Center of Banking Crisis IST

Jakarta - KPK menetapkan Sjamsul Nursalim dan isterinya, Itjih Nursalim sebagai tersangka korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Harapan baru bagi penegakan hukum di tanah air.

Kata Presiden Direktur Center of Banking Crisis (CBC), Achmad Deni Daruri, keputusan KPK sebagai lembaga penjagal koruptor menetapkan konglomerat Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim, perlu diapresiasi. Menunjukkan bahwa tidak ada yang kebal hukum di Indonesia.

"Kalau terbukti merugikan negara ya harus tanggung resikonya. Kita apresiasi KPK," papar Deni di Jakarta, (10/6).

Meski demikian, Deni berharap, KPK tidak berhenti dengan menetapkan Sjamsul Nursalim yang dikenal sebagai pemilik Gajah Tunggal, sebagai tersangka. Agar keadilan di republik ini benar-benar ditegakkan.

"Jangan hanya SN (sjamsul Nursalim) dan istrinya saja, KPK berani-nya. Demi keadilan dan perlakuan yang sama kepada para penikmat BLBI, semuanya harus diseldiki ulang," tegas deni.

Penetapan tersangka taipan bernama asli Liem Tjoen Ho ini, merupakan rangkaian dari penyidikan korupsi BLBI yang menyeret mantan Kepala BPPN Syafruddin Temenggung.

Dalam kasus ini, Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang didirkan Sjamsul Nursalim adalah salah satu bank penerima BLBI. Dalam perkara ini, KPK menyebut adanya kerugian negara sebesar Rp4,58 triliun.

"Kasus ini harus menjadi pintu masuk untuk membuka kembali para pengguna dana BLBI. Baik yang bank-nya ditutup, direkap, atau ditake-over pemerimtah. Baik pengguna BLBI yang melakukan penyelesaian melalui MSAA, MRNI ataupun APU. Semuanya perlu dibongkar tuntas, demi aspek keadilan," tandasnya.

Selanjutnya Deni menyebut Anthoni Salim (BCA), Eka Tjipta dan Usman Widjaja (Danamon) perlu diperiksa terkait skandal BLBI. Berdasarkan audit BPK, sebesar 90% dana BLBI yang diterima perbankan telah disalahgunakan.

"Jangan sampai terkesan KPK beraninya hanya dengan SN dan istrinya saja. Ini penting untuk menghindari persepsi, jangan-jangan ada pesan khusus dari pihak lain," ungkap Deni. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top