Polisi Pelajari Ceramah Rahmat Baequni Sebut Petugas KPPS Diracun

Ustaz Rahmat Baequni Ustaz Rahmat Baequni IST

Berita9.com - Beredar video Ustaz Rahmat Baequni dalam sebuah ceramah menyebut anggota KPPS meninggal karena diracun. Bahkan Baequni mengklaim temuan tersebut didukung hasil uji laboratorium. 

Video tersebut beredar luas di twitter dengan durasi 02.08 menit. Tidak diketahui pasti lokasi Baequni menyampaikan ceramahnya.

Merespons hal itu, Kasubdit II Siber Bareskrim Polri Kombes Ricyknaldo Chairul mengatakan, polisi akan menyelidiki muatan pernyataaan Baequni.

“Sudah dibuat laporan infonya. Sedang dianalisa tim hukum,” kata Rickynaldo, Selasa (18/6).

Pernyataan Baequni bertentangan dengan hasil temuan di lapangan, penyebab umum anggota KPPS meninggal karena sakit. Hal itu juga diperkuat oleh Kemenkes.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Nila Moeloek telah membuat surat edaran kepada seluruh dinas kesehatan untuk mengaudit secara medis penyebab banyak KPPS meninggal dunia.

Dari identifikasi sementara yang dilakukan, Nila Moeloek menyebut ada sejumlah penyebab yang membuat gugurnya para petugas KPPS tersebut. Beberapa di antaranya karena kecelakaan hingga penyakit yang dialami.

"Kematian ini 51 persen disebabkan oleh penyakit kardiovaskular atau jantung, termasuk di dalamnya ada stroke, termasuk infat atau sudden death," kata Nila usai menghadiri diskusi di KSP, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/5). (*)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top