Riset Membuktikan Minum Kopi Meningkatkan Kecepatan Bersepeda

Kopi Bisa Ngegas Stamina Olahragawan Kopi Bisa Ngegas Stamina Olahragawan IST
Berita9.com - Sebuah penelitian mengungkap bahwa kopi juga baik untuk olahragawan atau yang memang sudah hobi berolahraga.
 
Studi yang dipublikasikan The Journal Nutrients mengungkapkan bahwa minum kopi bisa meningkatkan kecepatan bersepeda laki-laki dan perempuan.
 
Studi ini menyelidiki efek konsumsi kopi dalam uji coba bersepeda dengan jarak 5 kilometer. Hasilnya menunjukkan bahwa kopi punya efek positif pada kinerja uji waktu; baik untuk pesepeda perempuan atau laki-laki.
 
Ada 38 peserta yang terlibat; 19 laki-laki dan 19 perempuan. Peserta tidak diperbolehkan meminum kopi selama 12 jam baru kemudian meminumnya. Sebagai pembanding mereka juga menggunakan air dengan obat plasebo, obat kosong untuk mengontrol efek dari hasil penelitian.
 
Dalam uji coba waktu bersepeda sejauh 5 kilometer, setelah mengonsumsi kopi, kinerja laki-laki dan perempuan ini meningkat sekitar sembilan detik dan enam detik dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.
 
Tentunya ini membuktikan kalau kopi memengaruhi stamina para pesepeda yang jadi sampel olahragawan. Dilansir Times of India, penelitian ini menyoroti manfaat ergogenik dari konsumsi kopi.
 
Hingga sekarang, ada banyak penelitian tentang kopi yang berfokus pada manfaat kafein dan pengaruhnya terhadap laki-laki. Namun, ternyata studi terhadap pesepeda ini juga menujukkan manfaat kopi untuk perempuan. (*)
 
 
Rate this item
(0 votes)
Go to top