Robertus Robert Diamankan Polisi Karena Ubah Mars ABRI

Robertus Robert saat aksi di depan Istana Kepresidenan Robertus Robert saat aksi di depan Istana Kepresidenan IST

Berita9.com - Dosen Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Robertus Robert diamankan pihak berwajib pada Kamis (7/3/2019), pukul 00:30 WIB.

Robert yang juga aktivis hak asasi manusia (HAM) itu dibawa polisi untuk dilakukan pemeriksaan.

Robert diduga melakukan tindak pidana penyebaran informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok tertentu.

Selanjutnya, Robert dibawa ke Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kabar penangkapan Robert dibenarkan oleh rekannya yang merupakan peneliti Indonesian Legal Rountable (ILR), Erwin Natosmal Oemar. Kata Erwin, dirinya sedang berada di Mabes Polri untuk mendampingi Robert sebagai kuasa hukumnya.

"Betul (Robertus Robert ditangkap-red). Saya (sebagai) kuasa hukum. (Robert diamankan) di Mabes Polri," ujar Erwin saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, beredar video Robertus Robert secara terang-terangan mengubah lirik lagu Mars Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) di depan khalayak umum saat berorasi di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Aksinya mempelesetkan lirik mars ABRI dengan kalimat yang mengandung ujaran kebencian (hate speech) yang lantas menuai banyak kecaman. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top