Rumah Sakit Ortopaedi Kirim Tim Khusus Untuk Korban Gempa

Rumah Sakit Ortopaedi Prof. Dr. Soeharso (RSOP) Solo Rumah Sakit Ortopaedi Prof. Dr. Soeharso (RSOP) Solo IST

Berita9.com - Rumah Sakit Ortopaedi Prof. Dr. Soeharso (RSOP) Solo siap mengirim tim khusus untuk menangani korban gempa Lombok yang mengalami trauma patah tulang. Sedikitnya terdapat 300 korban gempa yang menunggu penanganan ahli ortopaedi untuk operasi penyambungan tulang. Menurut rencana tim yang dipimpin Dr Romaniyanto SpOT (K) bertolak, Rabu (08/8).

Dr Romaniyanto, Direktur Medik dan Keperawatan RSOP menjelaskan bantuan pengabdian masyarakat RSOP ke Lombok atas kerjasama dengan RSUD Dr Moewardi Solo, FK-UNS dan Persatuan Bedah Ortopaedi Indonesia (PBOI).

"Dalam gempa tektonik dangkal dengan episentrum di dekat Gunung Rinjani, dipastikan banyak kasus trauma yang memerlukan penanganan operasi khusus," katanya, (07/8).

Tim dokter ahli ortopaedi terdiri dari 6 orang baru bisa diberangkatkan, setelah berkoordinasi dengan tim kesehatan lain yang melakukan pemertaan, menginventaris korban, mencatat kebutuhan dan lain-lain. Keberangkatan tim RSOP dengan koordinator lapangan Dr Lanang dari RSUD Sanglah Bali, akan membawa perlengkapan dan kebutuhan operasi lengkap, sehingga bida langsung kerja di lapangan.

Pengiriman tim ortopaedi dari RSOP, akan dilaksanakan tiga gelombang masing-masing tim bertugas selama lima hari. Tim gelombang pertama bertolak dari Solo ke Lombok dengan pesawat udara, juga dilengkapi perbekalan untuk kebutuhan operasi, di antaranya yang terbanyak berupa implan dari besi untuk penyambung tulang. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top