Rutan Purworejo Hapus Buta Huruf Alquran Warga Binaan

Rutan Kelas II B Purworejo Rutan Kelas II B Purworejo IST

Berita9.com - Ratusan warga binaan Rutan Kelas II B Purworejo yang beragama Islam deklarasi hapus buta huruf Alquran, Senin (10/9/2018) malam. Mereka bertekad untuk bisa membaca dan memahami kitab suci umat Islam itu.

Deklarasi diawali doa bersama dipimpin Kyai Ahmad Miftahudin, mantan warga binaan Rutan II B Purworejo. pembacaan ayat suci Alquran dan artinya oleh Tri Suhermanto dan Muhammad Sadam, dua warga binaan rutan.

Seluruh warga binaan bersama-sama mengucapkan ikrar deklarasi dibawah komando Tunggul Prabowo. Tausiah diisi KH Muhammad Hajat SAg, yang juga mantan warga binaan.

Kepala Rutan II B Purworejo Lukman Agung Widodo, mengatakan, deklarasi hapus buta huruf Alquran merupakan program nasional. "Secara serentak dideklarasikan di seluruh Indonesia, Purworejo salah satunya. Alhamdulillah ada belasan warga binaan rutan kami yang bisa Alquran," ujarnya.

Rencananya, rutan akan menerapkan pendidikan serupa pondok pesantren kepada seluruh warga binaan, tahanan dan pegawai. Kegiatan dimulai pagi hari dengan salat dhuha dilanjutkan tausiah.

Pegawai rutan mengajak salat zuhur berjamaah, dilanjutkan belajar membaca Alquran. "Ada yang belajar Iqro, Alquran dan fiqih, sesuai kemampuan warga binaan, juga ada belajar salat. Pagi hingga waktu isya, diisi kegiatan keagamaan dan kami kerjasama dengan ustaz perseorangan serta yayasan," tegasnya.

Menurutnya, pemerintah ingin warga binaan memahami ilmu agama dengan benar dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. "Iman takwa bertambah, menyadari kesalahan dan setelah keluar menjadi manusia mandiri serta bisa mengamalkan ilmu yang diperolehnya di dalam," ucapnya.

Sementara itu, KH Muhammad Hajat SAg dalam tausiahnya mengemukakan, dengan bisa membaca dan memahami Alquran, warga binaan akan menjadi orang yang lebih baik. "Tahun Baru Muharam 1440 Hijriyah ini harus dimaknai bahwa di masa yang akan datang harus lebih baik," tandasnya.

(**/Jas)

Rate this item
(0 votes)
Go to top