Saksi Kunci E-KTP Tewas, Penyidikan KPK Jalan Terus

Johannes Marliem, Saksi Kunci Korupsi E-KTP Meninggal di Amerika  Johannes Marliem, Saksi Kunci Korupsi E-KTP Meninggal di Amerika IST

Berita9.com - Saksi kunci kasus korupsi proyek e-KTP, Johannes Marliem, diduga tewas bunuh diri di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (LA). KPK memastikan bila pengusutan kasus e-KTP itu tidak mengalami masalah.

"Dalam konteks kasus e-KTP, penyidik tentu sudah meyakini memiliki bukti permulaan yang cukup. Bahkan dari serangkaian pemeriksaan dan penggeledahan yang kita lakukan, bukti yang dimiliki semakin kuat," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Jumat (11/8/2017).

Tentang tewasnya Marliem, Febri mengaku belum tahu detail tentang peristiwa itu. Dia hanya memastikan bila tewasnya Marliem tak mempengaruhi penanganan kasus e-KTP.

"Saya dapat info Johanes meninggal dunia. Kami belum dapat info rinci karena ini terjadi di Amerika. Proses penyidikan kasus ini akan tetap berjalan. Info lebih rinci otoritas dari aparat pihak setempat," ujar Febri.

Kabar soal tewasnya seorang pria di Beverly Grove di Los Angeles ini diberitakan oleh sejumlah media lokal, di antaranya CBS Los Angeles, ABC7, dan NBC Los Angeles. Diberitakan bahwa kawasan Beverly Grove di Los Angeles ditutup sekitar pukul 05.00 sore waktu setempat sekitar 600 blok dari North Edinburgh Avenue. Reporter media lokal melaporkan seluruh area di sekitar Melrose dan Crescent Heights ditutup.

Peristiwa itu awalnya dari laporan telepon ke FBI yang kemungkinan diteruskan LAPD (Los Angeles Police Department) pada Rabu (9/8) malam. Para petugas yang tiba di lokasi menduga ada seorang anak kecil dan seorang wanita di dalam rumah bersama seorang pria.

Para petugas pun melakukan negosiasi. Pada akhirnya, wanita dan anak kecil itu dibawa keluar oleh laki-laki itu sekitar pukul 07.30 malam.

Sementara, laki-laki itu ditemukan tewas di dalam rumah sekitar 02.00, Kamis (10/8) dini hari. Namun belum diketahui pasti apa penyebab laki-laki itu tewas, diduga kemungkinan besar dia menembak dirinya sendiri.

Dari penelusuran, laki-laki itu diduga adalah Johannes Marliem. Kabar tersebut mengonfirmasi postingan di Instagram dari dengan akun mir_at_lgc. Dia menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Marliem.

Dia memposting foto bersama Marliem dan seseorang yang disebutnya CEO of Lamborghini. Dalam kolom komentar, ada akun citywhips yang menyebutkan soal insiden The Beverly Grove di mana Marliem tinggal dan diamini oleh akun mir_at_lgc tersebut.

(**/DHN)

Rate this item
(0 votes)
Go to top