Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum PAN

Zulkifli Hasan saat voting pemilihan calon ketua umum PAN Zulkifli Hasan saat voting pemilihan calon ketua umum PAN IST

Berita9.com - Proses pemilihan ketua umum dalam Kongres V Partai Amanat Nasional telah selesai dilakukan. Pemilihan ketua umum dilakukan dengan metode pemungutan suara terhadap 568 pemilik suara yang terdiri dari kketua dan pengurus PAN dari tingkat pusat hingga daerah.

Ada tiga calon ketua umum yang bersaing di dalam pemilihan ketua umum kali ini. Mereka adalah Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo dan calon petahana Zulkifli Hasan.

Setelah penghitungan suara didapatkan hasil pemilik suara terbanyak adalah Zulkifli Hasan alias Zulhas, dengan perolehan 331 suara. Disusul dengan Mulfachri Harahap dengan perolehan suara sebanyak 225. Sedangkan Drajad Wibowo berada di urutan akhir karena hanya mengantongi 6 suara.

Jumlah suara sah sebanyak 562, suara tidak sah sebanyak 3 suara. Suara tidak sah tersebut berasal dari sebagian yang masih memilih caketum Asman Abnur yang telah menyatakan tidak melanjutkan pencalonan dirinya.

Zulhas unggul sebanyak 106 suara dan berhak menjadi ketua umum PAN Periode 2020-2025.  Dalam proses pemilihan ketua umum ini hanya dilakukan satu putaran. Siapa pun yang memperoleh suara terbanyak, dialah yang berhak menjadi ketua umum.

Diketahui, semula persaingan ketua umum PAN diikuti oleh empat orang kandidat, mereka adalah Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Asman Abnur, dan Mulfachri Harahap. Namun Asman memilih tidak melanjutkan pencalonan dan memilih memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan.

Terkait dengan jumlah suara, semula diberitakan ada sebanyak 590 pemilik suara, tetapi ada 22 wilayah yang sedang mengalami sengketa kepengurusan sehingga dibatalkan hak suaranya, dan menyisakan 568 suara. Dari jumlah tersebut, terdapat 563 yang menggunakan hak suaranya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top