Istilah UKM dan Perasaan Rendah Diri Pribumi!

Menggelikan! Sebelumnya, istilah Usaha Kecil Menengah( UKM) itu disebut Pengusaha Kecil Menengah ( PKM) dan sebelumnya lagi disebut Pengusaha Golongan Ekonomi Lemah( PEGEL) dan sebelumnya lagi disebut Pengusaha Golongan Pribumi Lemah ( PGPL).

Kesenjangan struktural ekonomi yang kita warisi saat ini, dan juga kemiskimam akut yang hampir stagnan sejak jaman kolonial sampai saat ini adalah dampak sistemik dari diskrimimasi SARA yang tak pernah kunjung padam.

Golongan pribumi distigma menjadi klas rendahan agar terus menderita inferiority. Perasaan rendah diri, tak mampu, lemah dan lalu lapangan ekonomi sesungguhnya agar terus dapat dikuasai golongan elit segelintir secara superior, oleh golongan atas ( Eropa) dan golongan kedua ( China dan Arab).

Inferiority ini hingga saat ini bukanlah semakin terkikis. Bukan hanya terlihat bergantung secara ekonomi dan sosial. Tapi juga terlihat sekali dalam perilaku politiknya.

Cara-cara agar pribumi dapat lepas dari ketergantungan demikian itu hanya bisa dilakukan dalam satu cara : buatlah usaha-usaha berbasis koperasi agar muncul kesadaran kolektif untuk berubah.

Rate this item
(0 votes)
Go to top