Berita9.com - Pembangunan infrastruktur era Pemerintahan Joko Widodo dikritik orang di dalam istana sendiri, yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hal ini menunjukkan ada dugaan masalah di sejumlah proyek yang jadi "kebanggan" Jokowi ini.

Menanggapi kontroversi itu, pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai kritikan JK merupakan bentuk kekhawatiran terhadap pembangunan infrastruktur. Dan merupakan masalah serius.

"Kalau Pak JK sudah khawatir seperti itu berarti serius nih masalahnya. Harus segera ditindak lanjuti, " tambah pria yang akrab disapa Hensat, kepada redaksi sesaat lalu (Rabu, 23/1).

Karena itu, sambung Hensat, kritikan JK harusnya segera ditindaklanjuti oleh pemerintah langsung.

"Ya itu harusnya diselesaikan di internal pemerintah ya. Kekhawatiran JK itu kan sebetulnya sangat baik sekali," jelas Hensat.

JK sudah dua kali mengkritik pembangunan tersebut. Pertama saat berkunjung ke Pabrik Precast LRT Jabodebek, Pancoran, Jakarta, Senin (14/1). Sedangkan terbaru saat dirinya berbicara di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/1).

JK menilai pembangunan LRT terlalu mahal karena dibuat elevated. Selain itu, pembangunan yang persis berada di samping jalan tol juga dikritik JK. Sebab, keberadaan LRT menghambat perluasan jalan tol. (*)

Berita9.com - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengusulkan format berbeda pada debat kedua Calon Presiden 17 Februari mendatang.

Mantan Wakil Ketua DPR itu mengusulkan kepada KPU format debat kedua nanti lebih kepada 'tarung bebas' seperti debat Calon Presiden di Amerika Serikat.

Adapun debat Calon Presiden di Amerika Serikat berkonsep para Capres saling berhadapan dan adu argumen tanpa adanya podium. Kedua Calon Presiden hanya disediakan sebuah kursi. Bahkan masing-masing Capres dapat saling menghampiri ketika sedang berdebat.

Priyo menuturkan melalu akun twitternya @PriyoBudiS, para pendukung dan relawan Prabowo-Sandi pun juga banyak menyuarakan aspirasi format debat kedua 17 Februari nanti seperti di Amerika Serika tersebut.

"Kami BPN Prabowo-Sandi mengusulkan/mendorong/mendesak @KPU_ID menyelenggarakan debat kedua dlm format free fight antara calon presiden tanpa calon wakil presiden. Format spt ini lazim spt di AS sebagaimana videonya banyak diunggah relawan/pendukung @prabowo @sandiuno " Tweetnya.

Untuk diketahui, debat kedua nanti hanya akan diikuti oleh Calon Presiden tanpa Wakil Presiden. Jokowi & Prabowo akan berdebat tentang Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur. Debat akan diselenggarakan di hotel Fairmont, Jakarta. (*)

Berita9.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menegaskan menegaskan kembali bahwa negaranya tidak dapat menerima atlet Israel. Alasannya sederhana, karena mereka berasal dari negara ‘kriminal’.

Mahathir mengatakan orang-orang yang tidak diinginkan Malaysia harus dijauhkan, dan ini termasuk mereka yang dicurigai sebagai teroris dan sejenisnya.

"Kami tidak ingin ada hubungannya dengan mereka (Israel), termasuk orang-orang mereka. Jika mereka ingin bersaing dalam olahraga, mereka dapat pergi ke negara lain. Tetapi untuk Malaysia, mereka datang dari negara penjahat dan kami tidak bisa menerimanya,” ujar Mahathir di Wina, Austria pada Selasa 22 Januari 2019 waktu setempat.

"Setiap negara memiliki hak untuk menerima atau menolak masuk ke orang lain. Kami memiliki hak itu dan kami harus menggunakan hak itu," katanya kepada wartawan Malaysia dan asing setelah menyampaikan pidato utama di Asosiasi Internasional Anti-Korupsi Otoritas (IAACA), seperti dikutip The Star, 23 Januari 2019. Dia mengatakan bahwa para atlet ini berasal dari negara yang melakukan apa yang disukainya, termasuk membangun pemukiman di wilayah orang lain.

"Mereka telah menyerbu kapal kami yang membawa bantuan kepada orang-orang Gaza, ada banyak hal lain yang dilakukan oleh Israel yang bertentangan dengan hukum dan moral internasional," tegas Mahathir.

Mengenai korupsi, perdana menteri berusia 93 tahun itu mengatakan para pemimpin harus dipilih dengan baik dan jika ada tanda-tanda bahwa seorang pemimpin itu korup, tindakan harus diambil untuk memindahkan orang tersebut.

Mahathir telah menyuarakan sentimen yang sama ketika menghadiri Konferensi Internasional Ketiga tentang Munculnya Afrika (ICEA-III) di Dakar, Senegal, pekan lalu.

Israel keberatan Malaysia melarang perenangnya bersaing di Kejuaraan Renang Para Dunia 2019, yang dijadwalkan diadakan di Kuching pada Juli. Malaysia telah menjadi kritikus blak-blakan terhadap Israel atas kekejamannya terhadap rakyat Palestina. (*)

Go to top