DPR Berharap BSSN Tidak Jadi Pelindung Penguasa

Elnino mempertanyakan status BSSN saat ini yang kedudukannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan Elnino mempertanyakan status BSSN saat ini yang kedudukannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan IST

Berita9.com - Anggota Komisi I DPR RI Elnino H Mohi mengingatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) harus melindungi kepentingan segenap bangsa dan negara bukan melindungi kepentingan penguasa.

"Kita berharap BSSN tidak menjadi sekadar pelindung penguasa dari kritik anak bangsanya sendiri," katanya, Rabu (10/01/2018).

Tak hanya itu, Elnino pun mempertanyakan status BSSN saat ini yang kedudukannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Di ide awalnya di Komisi I untuk mendirikan BSSN, tidak ada yang berfikir bahwa lembaga baru ini setara kementrian. Apalagi janji kampanye pilpres adalah struktur yang ramping serta bukan bagi-bagi kursi," sindirnya.

Diungkapkannya, BSSN itu di awalnya dibayangkan seperti sebuah Komisi Cyber (setara KPI, KIP, Komnas HAM, dan komisi negara lainnya) yang bukan di bawah presiden.

"Lembaga cyber ada baiknya benar-benar independen dan bertugas mempertahankan republik ini di dunia internet, terutama dari serangan cyber bangsa lain atau dari hal-hal yang merusak pikiran bangsa ini (semacam pornografi, dan lain-lain)," pungkasnya. 

(**/TS)

Rate this item
(0 votes)
Go to top