Penerapan Kajian LH Strategis Wujudkan Ekonomi Berkelanjutan

Konferensi Nasional tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis Konferensi Nasional tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis IST

Berita9.com - Guna melayani permintaan bimbingan teknis dan sosialisasi lanjutan yang lebih mendalam terkait KLHS, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Denmark di Indonesia menyelenggarakan Konferensi Nasional tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis atau National Conference on Strategic Environmental Assessment tanggal 4 – 5 Desember 2017 di Jakarta. 

Konferensi ini sebagai bentuk kerjasama teknis yang telah lama terjalin antara kedua negara dalam pengembangan dan penerapan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).  

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat membuka acara ini menjelaskan bahwa konferensi yang diselenggarakan Selasa (04/12/2017) dilatarbelakangi oleh banyaknya hal yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Diantaranya, kebutuhan melakukan reviu pengembangan KLHS selama sepuluh tahun terakhir; makin nyatanya urgensi perbaikan tata cara pembangunan yang secara bersamaan bertemu dengan kebutuhan besar untuk segera menyelesaikan perencanaan pembangunan jangka berikutnya; dan makin riilnya ancaman alam yang keberadaannya diluar kendali manusia, yaitu dampak perubahan iklim. 

“Beberapa yang mendesak diantaranya adalah bagaimana mengelola dampak dan risiko dari intensifnya percepatan pembangunan sektor ekonomi, infrastruktur, dan ekspansi wilayah perkotaan; bagaimana mengelola tekanan besar terhadap daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup yang justru sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi”, ungkap Menteri Siti Nurbaya.

KLHS adalah instrumen perencanaan yang dimandatkan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. KLHS wajib dilaksanakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memastikan perencanaan pembangunannya telah sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

(**/Kr)

Rate this item
(0 votes)
Go to top