Tenggelamkan Kapalnya dan Hukum Mati Penyelundup Narkoba

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNN Budi Waseso dan Ketua DPR Bambang Soesatyo meninjau langsung prajurit TNI Angkatan Laut yang berhasil menangkap Kapal MV Sunrise Glory karena membawa narkotika jenis sabu sebanyak 1 ton di Perairan Selat Philips, perbatasan Indonesia dengan Singapura, atau di sekitar perairan Batam, Kepulauan Riau, Ahad (11/2/2018). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNN Budi Waseso dan Ketua DPR Bambang Soesatyo meninjau langsung prajurit TNI Angkatan Laut yang berhasil menangkap Kapal MV Sunrise Glory karena membawa narkotika jenis sabu sebanyak 1 ton di Perairan Selat Philips, perbatasan Indonesia dengan Singapura, atau di sekitar perairan Batam, Kepulauan Riau, Ahad (11/2/2018). IST

Berita9.com - TNI angkatan laut Komando Armada RI Kawasan Barat dengan KRI Sigurot-864 berhasil menggagalkan penyelundupan sabu sekitar satu ton. Pencapaian itu diapresiasi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

"Langkah DPR adalah tenggelamkan kapalnya dan hukum mati pelakunya," kata Bambang di dermaga Lapangan Angkatan Laut (lanal) TNI AL, Batam, Kepulauan Riau, Ahad, 11 Februari 2018.

Politikus Partai Golkar itu menyebut, pencapaian TNI AL bersama Polri, BNN dan bea cukai dalam memberantas peredaran narkotika sebagai kerja sama yang baik.

"Suatu hal yang baik, kerja sama yang baik antar TNI, polri, BNN, bea cukai, dan lainnya. Sebab ini (penyelundupan narkoba) merupakan kejahatan kemanusiaan," jelas Bambang.

Sebelumnya pada Rabu 7 Februari 2018, KRI Sigurot-864 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Arizona Bintara, sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Singapura 2018.

Saat itu, mereka memeriksa MV Sunrise Glory di Perairan Selat Philips karena pergerakannya mencurigakan. Kapal tersebut juga melintas di luar Traffic Separation Scheme (TSS) dan masuk perairan Indonesia dengan mengibarkan bendera Singapura.

Saat pemeriksaan, tim berhasil menemukan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 41 karung beras, dengan perkiraan berat lebih dari satu ton.

(**/DE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top