Wapres JK Ingatkan Ketua Umum Golkar Harus Bersih

JK Tinjau Fasilitas LRT di Belgia JK Tinjau Fasilitas LRT di Belgia IST

Berita9.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis citra Partai Golkar dapat diperbaiki dalam dua tahun ke depan. Dengan catatan, ketua umum Golkar harus bersih sehingga tidak ada lagi gonjang-ganjing.

"Karena itu pimpinan Golkar harus baik, bersih. Jangan timbulkan gonjang-ganjing. Soal korupsi, macam-macam," tegas JK seusai sarapan di The Hotel, Brussels, Belgia, Senin 9 Oktober 2017.

Mantan Ketua Umun Golkar itu menambahkan, masyarakat tetap meragukan kredibilitas Golkar walaupun pengadilan telah memenangkan gugatan praperadilan Ketua Umum Golkar Setya Novanto. Padahal, pemilu 2019 yang menjadi hajatan politik besar dan penting sudah di depan mata.

"Hasilnya begitu, masyarakat penilaiannya tetap jelek saja. Masih cukup waktu untuk memperbaiki image itu," tekan dia.

Sementara itu, politikus senior Golkar Hajriyanto Y. Thohari mengakui ada polemik di tubuh Golkar terkait posisi politik Setya Novanto dengan rekomendasi Tim Kajian Elektabilitas Partai Golkar yang diketuai Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Golkar Yorrys Raweyai. Namun, dia menganggap masalah ini dalam sebuah partai. 

Dalam tubuh Golkar, katanya, banyak tokoh yang secara figur kuat dan elite Golkar seyogianya lebih bijak dalam menggunakan kekuasan. Dia tak ingin kekuasaan mudah digunakan dalam era demokrasi seperti sekarang. 

"Memang fakta politik menunjukkan ketua umum sangat kuat karena dipilih secara langsung dalam munas. Oleh karena itu, sekuat-kuatnya pimpinan DPP, mereka hanya kuat secara individual, tetapi secara politik tidak karena bergantung pada ketua umum," jelasnya.

Berkenaan dengan itu, sambung Hajriyanto, tokoh sekaliber Yorrys yang secara individual dinilai kuat bisa dengan mudah diangkat dan diberhentikan dari DPP.

"Jangan mudah melakukan langkah-langkah dengan pendekatan kekuasaan. Itu tidak akan positif bagi perkembangan Partai Golkar," ujarnya.

(**/OG)

Rate this item
(0 votes)
Go to top