Menikmati Sederetan Kajian Islam Melalui Youtube

YouTube bisa menjadi sarana untuk menyebarkan pesan dakwah yang bermanfaat YouTube bisa menjadi sarana untuk menyebarkan pesan dakwah yang bermanfaat IST
Berita9.com - Di era milenial sarana dakwah ustaz banyak jalannya, dari berbagai media sosial hingga aplikasi berbagi pesan. Oleh karena itu, akses internet murah adalah keniscayaan jika ingin pesan agama tersampaikan saat ini, karena salah satu sarana yang sering digunakan untuk berdakwah adalah YouTube.
 
YouTube menjadi sarana untuk menyebarkan pesan dakwah yang bermanfaat. Beberapa ustaz menjadi terkenal, tidak hanya di kalangan jemaah mereka, tapi juga di seluruh Indonesia berkat tampil di YouTube.
 
Setiap kali video ceramah mereka diunggah di internet, ratusan ribu orang menyaksikannya, mengunduhnya atau membagikannya di berbagai aplikasi. Berikut adalah sebagian nama para dai tersebut:
 
1. Firanda Andirja
 
Nama Firanda Andirja cukup tenar di YouTube. Berbagai video ceramahnya, baik dalam versi panjang atau pendek, ditonton ratusan ribu orang. Topik ceramahnya beragam, mulai dari perkara tauhid, tafsir al-Quran hingga shirah nabawiyah.
 
Pria 37 tahun kelahiran Surabaya ini menghabiskan masa-masa sekolahnya dari TK hingga SMA di Papua. Dia kemudian melanjutkan studi di jurusan teknik Universitas Gadjah Mada.
 
Di UGM, Firanda hanya dua semester kuliah sebelum banting stir mempelajari agama.
 
Studi S1 hingga S3 Firanda diambil di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Karena kepandaiannya berdakwah, ayah lima anak ini ditunjuk oleh pengurus Masjid Nabawi di Madinah untuk mengisi kajian berbahasa Indonesia di salah satu masjid suci umat Islam tersebut setiap hari.
 
2. Khalid Basalamah
 
Nama Khalid Basalamah menjadi kondang di Youtube karena ceramahnya yang penuh ilmu dan menyentuh. Bernama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, pria kelahiran 1 Mei 1975 ini di Makassar ini juga menempuh pendidikan S1 di Universitas Islam Madinah.
 
Studi S2 ditempuhnya di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, dan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak, Malaysia.
 
Ceramahnya yang tegas namun santun banyak dibagikan di Youtube, disaksikan oleh ratusan ribu orang. Khalid Basalamah juga kini mengisi acara Islami di sebuah stasiun televisi swasta tanah air. Selain penceramah, Khalid Basalamah juga seorang pengusaha restoran dan penerbitan buku-buku Islam.
 
3. Reza Syafiq Basalamah
 
Namanya memang mirip, namun Syafiq Reza Basalamah tidak memiliki hubungan dengan Khalid Basalamah. Setiap video Syafiq Reza Basalamah di YouTube juga kebanjiran penonton.
 
Syafiq Basalamah juga lulusan dari Universitas Islam Madinah dengan predikat summa cum laude. Ceramahnya yang direkam di Youtube kebanyakan seputar permasalahan rumah tangga dan sosial masyarakat.
 
Saat ini dia adalah pengajar tetap di STDI Imam Syafii, Jember, dan kerap mengisi program ceramah di TV-TV Islami.
 
4. Adi Hidayat
 
Mungkin salah satu ustaz yang saat ini video ceramahnya paling banyak dibagikan di medsos adalah Adi Hidayat. Ustaz kelahiran tahun 1984 ini dikenal memiliki pengetahuan yang luar biasa dalam berbagai bidang ilmu agama Islam.
 
Salah satu ciri khas tausiyah Adi Hidayat adalah dia berceramah sembari menulis di papan tulis, seperti halnya mengajar di kelas. Adi adalah lulusan Islamic Call College di Tripoli, Libya, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Selain penceramah, Adi juga menulis buku sejak tahun 2010. Tidak kurang dari 10 judul buku yang telah ditulisnya, kebanyakan soal kaidah bahasa Arab.
 
5. Subhan Bawazier
 
Nama lain yang menghiasi jagat maya dalam hal dakwah adalah Subhan Bawazier.
 
Ceramahnya yang kerap diselingi canda, serius tapi santai, menjadikannya salah satu penceramah favorit anak-anak muda. Di antara tema ceramah yang sering disampaikan Subhan Bawazier adalah soal mendidik anak.
 
Tidak hanya dai asal Indonesia yang kondang di Youtube. Beberapa ustaz asal negara-negara Barat juga banyak ditonton oleh pengguna internet di tanah air. Berikut adalah dua di antaranya:
 
1. John Fontain
 
Nama John Fontain berseliweran di jagad media sosial dan Youtube. Pria asal Manchester, Inggris, ini aktif keliling berbagai negara untuk berceramah soal Islam.
 
John Fontain masuk Islam pada tahun 2008. Dalam biografi yang ditulisnya sendiri, dia mengaku pertama kali mengenal Islam di Sierra Leone, Afrika Barat.
 
Tahun 2010 dia mengidap tumor otak, yang kemudian menjadi titik balik kehidupan spiritualnya. Kini dia telah sembuh dari penyakit itu, dan ingin berbagi soal pengalamannya menemukan Islam.
 
2. Bilal Philip
 
Abu Ameenah Bilal Philips lahir dengan nama Dennis Bradley Philips di Jamaika dan dibesarkan di Kanada.
 
Dai asal Kanada ini adalah pengisi ceramah tetap di Peace TV, saluran televisi milik Zakir Naik.
 
Seperti kebanyakan dai kondang di atas, Philips yang masuk Islam pada 1972 adalah lulusan dari Universitas Islam Madinah.
 
Dia juga pernah kuliah di Universitas Raja Saud di Riyadh di awal 90-an.
 
Tahun 2015, Philips bertandang ke Jakarta untuk mengisi ceramah di beberapa tempat. Saat ini Philips tinggal di Qatar dan aktif berceramah dan menulis buku.
 
(**/KM)
Rate this item
(0 votes)
Go to top