Aksi Desak Copot Pejabat Korup di Reklamasi Jakarta

Jakarta - Ratusan massa dari elemen masyarakat mengatasnamakan Barisan Insan Muda ( BIMA) dan Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) berunjuk rasa didepan Gedung Balaikota DKI, Jakarta, (17/6).

Mereka menyatakan mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan untuk tetap menstop reklamasi dan mencopot pejabat dibelakangnya yang berusaha bermain dengan reklamasi.

“Kami pastikan Bapak Anies Baswedan komitmen untuk menstop reklamasi. Pejabat-pejabatnya ada yang blalelo, kami minta copot mereka yang bermain dengan reklamasi,” tegas Koordinator aksi Syarief Hidayatullah saat berorasi.

Menurut dia, terbitnya IMB bangunan lama adalah bukan bangunan baru Pulau C dan D. Kata dia, semenjak Anies menjabat, semua bangunan tersebut sudah berdiri dan Anies pun menyetop karena tidak sesuai dengan prosedur dan janji kampanye, bukan membongkar bangunannya.

“Dengan di stopnya bangunan tersebut tetapi yang memiliki mengajukan ke Pengadilan Jakarta Utara dan Pengadilan Jakarta Utara pun telah memutuskan untuk menerbitkan IMB-nya yaitu untuk Pulau C dan D,” tuturnya.

Dia melanjutkan bahwa Anies sendiri tetap konsisten dengan janji kampanye untuk menyetop Reklamasi dari 17 pulau baru 4 pulau yang sudah ada bangunannya C dan D yang sudah keluar IMB. Sedangkan untuk pengelolaannya sekarang, versi pengelolaannya lebih tinggi Pemprov DKI Jakarta yaitu 65% sedangkan swasta hanya 35% dari yang terdahulu sehingga menguntungkan masyarakat Jakarta.

Sementara daratan sekarang di kuasai oleh Pemprov DKI dan pemprov DKI pun membuka lebar-lebar untuk kesana karena sudah di kuasai oleh Pemprov DKI Jakarta, sedangkan pada waktu itu dikuasai oleh pengembang yang pengelolaannya lebih tinggi dari Pemprov jadi akses ke Pulau C dan Pulau D sangat tertutup, sehingga mulai masyarakat sampai wartawanpun sama sekali tidak bisa menginjak Pulau C dan Pulau D.

“Kalau mau tahu lebih lanjut ya silahkan tanyakan ke pejabat-pejabat lama bukan ke Anies. Raperdapun belum terselesaikan di DPRD dan Pergub masih Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. Semua ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat Jakarta, Anies tetap akan konsisten dan tidak akan menghianati rakyat Jakarta. Sebetulnya ini persoalan yang bengkok yang diluruskan oleh Anies,” pungkasnya.

Syarief juga mengancam akan menggelar aksi serupa ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Gd PTSP Kuningan Jaksel pada Rabu dan Jumat mendatang.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top