Bawaslu, KPU dan Kemendagri Tandatangani Netralitas Pemilu

Berita9.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), beserta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019.

Selain itu, acara deklarasi tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni Erick Thohir dan wakil dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera.

Komisioner KPU, Hasyim Ashari mengatakan, KPU menyambut baik komitmen nasional untuk menjadikan kampanye rapat umum dalam Pemilu 2019 yang dilakukan sejak esok hari, yakni 24 Maret hingga 13 April 2019.

"Kami mewakili KPU menyambut baik inisiatif dan prakarsa dari Bawaslu untuk memulai sebuah komitmen secara nasional dan diikuti di seluruh wilayah Indonesia," ujar Hasyim Ashari di Lapangan Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

"Untuk bersama-sama membangun sebuah kesepakatan agar dalam hari-hari terakhir penyelenggaraan kampanye, terutama kampanye dalam bentuk rapat umum atau pertemuan terbuka ini bisa berjalan dengan lancar aman, damai,dan demokratis," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, yakni Abhan berharap kalau kelangsungan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dapag membuat peserta pemilu bersinergi untuk menciptakan kampanye yang bermartabat dan beretika.

"Agar tercipta kampanye yang beretika bermartabat. Pemahaman masyarakat dalam berpolitik merupakan harapan kita bersama dan investasi. Pemilu 2019, semua peserta pemilu dapat bersinergi bersama," ungkap Abhan.

Penandatanganan MoU Netralitas Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dilakukan oleh Ketua Bawaslu, perwakilan dari TNI, perwakilan Polri, dan Perwakilan Komisi ASN.

(**/IST)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top