Bayi Baru Lahir Meninggal Terpapar di Tengah Kabut Asap

Berita9.com - Bayi berusia tiga hari meninggal dunia di Pekanbaru, Riau. Orang tua bayi menduga anaknya terpapar kabut asap.

Saat awak media mengunjungi kediaman orang tua bayi tersebut. Namun, pihak keluarga belum mau berkomentar banyak atas kematian anaknya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi yang datang ke lokasi menjelaskan dari informasi bidan, bayi tersebut lahir dalam keadaan normal.

Hingga sehari setelah lahir, bayi tersebut mengalami demam tinggi saat dibawa pulang ke rumah.

Namun, pada hari ketiga, orang tua bayi itu meminta bidan untuk datang dikarenakan kondisinya kembali demam dan kemudian dibawa ke rumah sakit. Akan tetapi, bayi tersebut diduga telah meninggal dunia dalam perjalanan.

Maisel menambahkan, saat ini pihaknya masih meminta rekam medis dari rumah sakit untuk mengetahui apakah benar dugaan meninggalnya bayi tersebut akibat terpapar kabut asap.

Sebelumnya, BNPB menyampaikan 328.724 hektare lahan 328.724 hektare dengan 2.719 titik panas sepanjang periode Januari-Agustus 2019. Lahan itu tersebar di enam provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kualitas udara Riau saat ini kembali dikategorikan berbahaya lantaran sudah terdampak oleh karhutla yang terjadi sepanjang 2019. Saat memimpin Rapat Terbatas di Pekanbaru pada awal pekan ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status Riau sudah siaga darurat.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top