DPR Minta Kemlu Evakuasi Seluruh WNI dari Wuhan China

Berita9.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Teuku Riefky Harsya menyambangi kantor Kementerian Luar Negeri atau Kemlu untuk membahas nasib WNI yang masih berada di Wuhan, China.

Teuku meminta pemerintah RI mengupayakan untuk segera mengevakuasi seluruh WNI karena merebaknya virus corona.

Riefky didampingi Kepala Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Aceh, Alhudri. Selain itu, ada perwakilan Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana (IMPAS) Aceh Jakarta, Muntasir Ramli.

Mereka ditemui Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah dan Direktur Pelindungan WNI Luar Negeri, Judha Nugraha.

Kemlu dan Kedutaan Besar RI di China diminta terus berkoordinasi dengan Pemerintah China. Koordinasi ini penting untuk memastikan kondisi seluruh WNI yang terjebak di daerah isolasi, seperti Kota Wuhan.

Riefky menyebut setidaknya saat ini ada 12 mahasiswa Aceh yang masih berada di Wuhan.

“Terus berkomunikasi setiap hari untuk memastikan kondisi kesehatan, kebutuhan logistik, dan mengupayakan evakuasi 243 WNI di provinsi yang diisolasi, termasuk 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan,” kata Riefky, dalam keterangannya, Selasa, 28 Januari 2020.

Dalam kesempatan itu, Kadis Sosial Aceh Alhudri juga menjelaskan langkah-langkah strategis yang sudah dilakukan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Upaya ini menyangkut evakuasi para mahasiswa asal Aceh yang menuntut ilmu di Wuhan.

Langkah itu antara lain membuka posko penanganan virus Corona di dua tempat yaitu kantor Dinas Sosial Aceh dan kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta. 

"Kami juga telah berkomunikasi dengan Kemlu dan perwakilan mahasiswa asal Aceh secara intensif serta telah mengirim bantuan dana tahap pertama untuk keperluan logistik mereka,” jelasnya. 

Sementara, mewakili Menlu Retno Marsudi, Plt Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah mengatakan pihak pemerintah berusaha memantau dan berkoordinasi dengan pemerintah China. Koordinasi juga dilakukan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok.

Cara Pemprov Aceh yang sigap diapresiasi Kemlu. Direktur Perlindungan WNI Luar Negri Kemlu RI, Judha Nugraha, menyampaikan WNI di China khususnya Wuhan memerlukan dorongan dan dukungan moril. 

Kemudian, ia menyebut pentingnya tak menyampaikan pernyataan yang berpotensi meresahkan. Kata dia, saat ini yang terpenting bisa memberikan semangat para WNI.

Sebelumnya, jumlah angka kematian akibat virus Corona terus bertambah. Dilaporkan sudah 106 orang meninggal dunia karena terjangkit virus tersebut.

Dikutip dari laman CNN Amerika, Selasa, 28 Januari 2020, sudah ada 4.515 kasus virus Corona di dunia yang sebagian besar terjadi di China daratan. Sementara virus yang awalnya epidemi di Kota Wuhan itu terus menyebar ke Asia.

(**/IST)
 

Rate this item
(0 votes)
Go to top