Jokowi Didesak Padamkan Kebakaran Hutan Bukan Api KPK

Berita9.com - Ahad Pagi, 22 September 2019 Aktivis Greenpeace bersama Save Our Borneo mengirimkan dua pesan khusus kepada Presiden Joko Widodo.

Melalui pesan sepanduknya Greenpeace menyerukan pentingnya memadamkan kebakaran bukan sebaliknya memadangkan semangat pemberantasan korupsi melalui KPK.

Masih berselimut kabut asap kebakaran hutan dan lahan spanduk terlihat terpasang di bawah Jembatan Sungai Kahayan Palangkaraya.

Greenpeace mendesak adanya penegakan hukum yang tegas, karena menurutnya ini efektif mencegah kabut asap.

Adanya hukuman yang berat untuk pelaku korporasi menjadi sebuah kebutuhan dan mencabut izinnya sampai sekarangpun belum pernah dilakukan Jokowi.

Presiden juga didesak segera menerima keputusan MA yang telah memenangkan warga penggugat, serta harus membuat peraturan untuk membangun rumah sakit khusus korban asap di daerah terdampak.

Jokowi sekali lagi diminta bisa mencegah kebakaran hutan dengan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi dan bukan memperlemahnya, karena korupsi sumber daya alam banyak dilakukan dengan menjual izin-izin pembukaan hutan Indonesia oleh pejabat yang berwenang.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top