Kartini Membangun Wanita Indonesia Bergerak Rasional

Berita9.com - Peringati Hari Kartini, Ikatan Wanita Unversitas Dr Soetomo (Ikatan Wanita Unitomo) menggelar seminar bertajuk “Kartini Membangun Wanita Rasional”, Senin (15/4/2019). Acara tersebut turut menghadirkan istri Bupati Trenggalek, Novita Hardiny.

Ikatan Wanita Unitomo menyampaikan ruh perjuangan Kartini yang telah lama diperingati bersama. Agar dosen maupun wanita yang mengabdi di lingkungan civitas akademika Unitomo semakin maju dalam berkarir tanpa melupakan norma sebagai seorang wanita.

“Wanita rasional adalah wanita yang mampu mengelola emosi, tidak menempatkan perasaan di atas segalanya,” terang Ketua Umum IW Unitomo, Lilis Iriani, SH.

Keputusan menjadi wanita karir juga membutuhkan komitmen tinggi agar terjadi keseimbangan dalam mengelola kehidupan, untuk membangun generasi penerus Bangsa yang handal.

“Wanita karir yang tidak bisa mengelola diri, maka organisasinya juga tidak akan sehat. Jika tidak mempunyai komitmen tinggi, maka tidak akan ada keseimbangan. Semoga talkshow ini mampu membuka wawasan untuk membangun generasi lebih handal,” imbuh Lilis didampingi Ketua Harian IW Unitomo, Syafrin.

Sementara itu, Novi Hardiny turut berbagi kisah melewati perjuangan sebagai ibu rumah tangga sekaligus istri seorang abdi Negara. Berbagi tips cara memenej keluarga sembari memberi dukungan kepada sang suami saat berkiprah di kancah politik.

Menurut Novi, perempuan rasional adalah perempuan yang tidak fokus pada masa lalu dan membuatnya menjadi beban. “Kita harus bergerak untuk menemukan solusi,” tutur wanita cantik ini.

Novi terbiasa mengkonsep jadwal di akhir Minggu agar saat bekerja untuk masyarakat, ia tetap bisa mengontrol kegiatan putranya.

“Begitu sebaliknya ketika di rumah, kita sepenuhnya milik anak. Ada beberapa nilai yang saya masukkan dalam kegiatan anak saya, misal mengajarkan ayat tentang kebersihan sebagian dari iman, dan sebagainya,” kata Novi berbagi tips.

Seringkali saat malam ia membisikkan nilai-nilai yang ia terapkan bagi putranya. Hobi tersebut rupanya membuahkan hasil.

“Bisikkan melalui telinga kiri masukkan semua nilai itu akan menyerap di alam bawah sadarnya, banyak contohnya kalau berbicara tentang psikologi. Saya hobi menerapkan ke anak saya sampai anak saya memiliki cover atas dirinya sendiri,” sambung Novi.

Bagi Novi, ajang ‘Kartini Membangun Wanita Rasional’ ini diharapkan mampu menginspirasi dan menghasilkan ide cemerlang yang dapat membangun Bangsa.

Kartini millenial sebagai wanita generasi muda dipacu menjadi wanita rasional yang berfikir dan bertindak secara rasional dan meneruskan perjuangan Kartini.

“Perempuan bisa menjadi rumah bagi kedamaian dan keteduhan sekaligus menjadi gagasan atau inspirasi, perempuan yang mencintai nilai budaya agama tanpa mengurangi jati diri perempuan,” pungkas Novi disela sambutan hangat dari para anggota Ikatan Wanita Unitomo.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top