Kearifan Lokal & Naturalisasi Sungai Sebagai "Lifestyle"

Berita9.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan terus menggalakkan naturalisasi sungai untuk menjaga ekosistem lingkungan di Ibu Kota.

"Usulan masyarakat di sini jelas kita tampung. Termasuk masukan dari pemimpin Sangga Buana Babe Idin soal sungai. Ini baik bagaimana caranya kearifan lokal dan naturalisasi sungai menjadi suatu lifestyle, gaya hidup baru,” ujar Sandi usai membuka Festival Peradaban Bilah Nusantara di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu 17 Maret 2018.

Ia menilai, semua saran yang diutarakan akan menjadi masukan bagi pemerintah provinsi, terutama untuk melestarikan lingkungan, tak hanya masalah banjir.

"Kan semua kehidupan itu berasal dari air. Makanya naturalisasi sungai itu harus jadi gaya hidup kita,” lanjut dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hendak mencanangkan naturalisasi sungai untuk mengatasi banjir.

Naturalisasi sungai berbeda dengan normalisasi sungai yang digencarkan pemimpin Jakarta terdahulu. Anies mau mengembalikan sungai seperti sediakala. 

Untuk Anies dan juga tentu saja Sandi, salah satu cara mengatasi banjir adalah dengan naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik serta bagaimana mengamankan tidak melimpah, tapi juga mempertahankan ekosistem sungai itu sendiri.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top