Print this page

Makerfest 2018 Hadirkan Kreator Lokal Inspiratif

Berita9.com - Dalam rangka mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, Makerfest 2018 menghadirkan kreator lokal Tanah Air untuk memamerkan produk unik dan inspiratif.

Makerfest merupakan acara kolaborasi Tokopedia yang didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta JNE.

Vice Chairman Makerfest 2018 Melissa Siska Juminto berharap acara kolaboratif ini dapat mendukung perkembangan sektor UMKM.

"Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem yang lebih kondusif, sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang dapat tumbuh," katanya di Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Melissa, bisnis digital merupakan platform yang sangat efektif dalam membantu pelaku usaha memperluas akses pasarnya. Oleh karena itu, Makerfest yang bertemakan bisnis digital diharapkan dapat menjadi sarana informasi dan edukasi bagi pelaku usaha lokal di Jakarta dan sekitarnya.

Dikutip dari laman resmi Makerfest 2018, rangkaian acara ini digelar di delapan kota. Selain Jakarta, yang digelar pada 7-8 Juli 2018, rangkaian acara ini diselenggarakan di Medan, Padang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar pada April-November 2018. 

Di tiap kota, ada 30 pelaku UMKM yang menampilkan produknya. UMKM yang ada di tiap kota berbeda-beda dan merupakan hasil seleksi dari panitia.

Para pengunjung bisa menghadiri lokakarya dan seminar kreatif dari para kreator lokal serta bertemu dengan pelaku UMKM lainnya. Produk yang bisa ditemukan di Makerfest 2018 beragam, mulai dari pakaian, tas, aksesoris, hingga perlengkapan rumah dan kuliner. 

Adapun puncak acara bakal digelar pada Desember 2018.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)