Mantan Komisioner Peringatkan Darurat Pelemahan KPK

Berita9.com - Para mantan komisioner KPK seperti Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Muchammad Jasin, dan Busyro Muqoddas menggelar pertemuan di Kantor PP Muhammadiyah.
 
Pertemuan dipicu hasil calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah diloloskan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK.  

Atas itu, mantan komisioner KPK ini mengeluarkan pernyataan sikap bahwa keadaan KPK sedang darurat.

Presiden Joko Widodo harus mengambil sikap tegas dengan tidak meloloskan calon pimpinan KPK yang bermasalah.

Baik yang diduga melakukan pelanggaran etik ketika bertugas di KPK, pernah mengancam atau menghalangi proses penegakkan hukum oleh KPK, maupun tidak patuh LHKPN,” ujar Busyro yang juga ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM, Rabu (28/8).

Agar aspirasi bisa disampaikan secara langsung, paran mantan komisioner KPK juga meminta kepada Jokowi untuk bisa bertemu.

"Kami meminta adanya pertemuan dengan Presiden untuk menyampaikan aspirasi ini secara langsung sebelum Presiden menentukan 10 calon yang akan diserahkan ke DPR," pungkasnya.

Selain para mantan komisioner KPK, pernyataan sikap ini turut melibatkan Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Maneger Nasution, Ketua Forum Dekan Fakultas Hukum PTM/STH Muhammadiyah Trisno Rahardjo, dan Vice President Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (APDHI) Sri Ayu Astuti.

(**/IST)  

Rate this item
(0 votes)
Go to top