Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam

Berita9.com - Pasar Beringharjo yang sudah dikenal luas sebagai destinasi surga belanja di Kota Yogyakarta, mulai uji coba buka hingga malam hari sejak Rabu (11/4).

Kebijakan untuk mendukung wisata malam di kawasan Malioboro ini pun disambut poaitif pedagang. Mereka berharap, omset jualan bisa setimpal dengan tambahan jam kerja yang dilakukan.

Ambar Yuliastuti, seorang pedagang, merespons positif operasional Pasar Beringharjo hingga pukul 21.00 WIB. Biasanya, ia hanya berjualan hingga pukul 16.30 WIB.

Hari pertama ujicoba kemarin, ia mengaku ada penambahan omset sekitar 20 persen dari hari biasa. Hanya, dari sisi operasional perlu ada biaya tambahan.

"Biasanya dua orang pegawai sudah cukup. Tapi jika harus sampai malam paling tidak menambah satu orang lagi," ungkapnya.

Kendati demikian, penjual batik tersebut tidak mempermasalahkan tambahan biaya operasional selama pemasukan yang ia terima setimpal.

Apalagi pada akhir pekan, pengunjung Pasar Beringharjo juga meningkat tajam. Hanya, perlu ada peningkatan fasilitas layanan pasar seperti pendingin udara atau kipas angin.

Senada diungkapkan Ketua Paguyuban Pasar Beringharjo Barat Ujun Junaedi. Terdapat sekitar 914 pedagang yang melanjutkan buka hingga malam hari dari total 1.535 pedagang di sisi Barat Lantai 1-3.

"Tadi saya ngobrol dengan pedagang, sambutannya sangat bagus. Ada kenaikan omset sampai 50 persen. Semoga ini bisa memberi motivasi dalam menggeliatkan pariwisata malam hari," tandasnya.

Namun demikian, belum semua pedagang siap untuk buka sampai malam. Usai peluncuran uji coba, sejumlah pedagang langsung mengemasi barang dagangannya. Salah satu penyebabnya, jarak rumah yang cukup jauh sehingga khawatir terkendala transportasi.

"Sehari-hari saya naik transportasi umum. Trans Jogja yang menuju Prambanan hanya sampai pukul 20.00 WIB. Terpaksa untuk saat ini belum bisa sampai penuh," ujar seorang pedagang, Sugino, yang tinggal di Klaten Jawa Tengah.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top