Pemimpin Dunia Berduka Atas Gempa Tsunami Palu

Berita9.com - Presiden Rusia menyampaikan ucapan duka mendalam kepada Presiden Joko Widodo atas gempa dan tsunami yang menghantam Sulawesi Tengah.
"Presiden (Putin) menekankan Rusia merasakan kesedihan dari warga Indonesia dan menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan kerabat korban," sebut situs resmi Kremlin, Senin (1/10).
 
"Kami berharap semoga pemulihan bagi setiap warga yang terluka bisa terjadi secepat mungkin," sambung dia.
 
Tak cuma Putin, beberapa pemimpin dunia turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas terjadinya gempa Palu.
 
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, tak lama setelah gempa menyurati Presiden Joko Widodo. Ia menguncapkan belasungkawa dengan banyaknya korban jiwa yang meninggal akibat kejadian tersebut.
 
“Semoga masyarakat Indonesia diberikan ketabahan untuk bangkit dari kesedihan dan semoga situasi di Indonesia cepat pulih di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” papar Moon.
 
Selain Moon, melalui keterangan resmi dari Kedutaan Besar China di Jakarta, Presiden Xi Jinping menyampaikan belasungkawa atas bencana alam gempa dan tsunami di Sulawesi Selatan.
 
"Kami sangat terkejut mendengar kabar gempa bumi dan tsunami yang dahsyat mengguncang Provinsi Sulawesi Selatan. Kami sangat sedih karena banyak korban yang nyawa dan menimbulkan kehancuran di sana," kata Xi.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan ucapan dukanya lewat twitter. Ia mengaku sangat sedih mendengar bencana di Palu pekan lalu.
 
"Saya sampaikan doa tulus bagi Presiden Jokowi dan, kerabat kami warga Indonesia, serta keluarga yang terimbas. Australia siap untuk membantu," papar Morrison.
 
(**/IST)
Rate this item
(0 votes)
Go to top