Peringati Hari Lahir Garuda Pancasila

Berita9.com - Meski sempat diguyur hujan, sejumlah wisatawan dan masyarakat Yogya terlihat memadati area titik Nol Kilometer pada Ahad (11/02/2018) sore.

Pengunjung yang datang terlihat antusias dengan ornamen Garuda Pancasila dalam acara ‘Peringatan 68 Tahun Lahirnya Lambang Negara Garuda Pancasila’.

Salah Satu Pengunjung, Rudi Danianto (27) mengungkapkan tertarik pada ornamen Garuda Pancasila yang berdiri samping titik Nol Kilomeneter pada Acara ini.

Ia yang sebenarnya hanya sekedar lewat, menyempatkan diri untuk meramaikan acara tersebut.

“Sebenarnya saya hanya lewat, tapi melihat ornamen Garuda Pancasila dan keramaian acara jadi tertarik untuk singgah,” ungkap Rudi disela acara.

Menurutnya acara memperingati lahirnya lambang negara yang dibarengi dengan atraksi seni sangat diminati warga dan wisatawan.

Acara yang diselenggarakan berkat kolaborasi Ikatan Alumni Lembaga Pertahanan Nasional dan beberapa instansi lain ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik dan tari oleh Sanggar Gita Gilang. Untuk meningkatkan partisipasi, panitia juga mengajak pengunjung  untuk turut ikut senam bersama.

Sugiyanto Semangun selaku Panitia Pelaksana mengatakan, unsur seni dan budaya ditunjukkan untuk membuat acara menjadi menarik.

Selain unsur seni dan budaya, terdapat juga beberapa informasi-informasi yang mengedukasi masyarakat tentang sejarah lambang negara.

“Namun inti acara ini memang ditujukan untuk meningkatkan kembali spirit nasionalisme masyarakat.  Selain itu, juga mengingatkan kepada perjuangan para pendahulu bangsa, terutama pada penentuan lambang negara,” tambah Sugiyanto.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top