Ironis Pimpinan KPK Periode 2019-2023 Dapat Rapot Merah

Berita9.com - Mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mengomentari soal Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Transparency International Indonesia (TII) memberi rapor merah bagi para pimpinan KPK periode 2019-2023.

Penilaian ICW dan TII katanya, itu seusai pemantauan kinerja KPK pada Desember 2019-Juni 2020 yang bertepatan dengan enam bulan pertama masa kepemimpinan Ketua KPK Firli Bahuri.

BW juga menyoroti soal Ketua KPK Firli Bahuri yang menggunakan helikopter dalam perjalanannya di Sumatera Selatan.

"Wajah KETUA KPK bak "ditampar" MERAH. Tak hanya dpt Rapor Merah dr TII & ICW tp jg dituding GRATIFIKASI krn dpt fasilitas heli limousine MEWAH & tersedak, tak brani bongkar Skandal BUKU BANK WARNA MERAH. Firli Bahuri dkk Dapat Rapor Merah dari ICW dan TII," tulis akun Twitter @sosmedbw, dikutip Jumat (26/6/2020).

Sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman telah melaporkan Firli ke Dewan Pengawas KPK atas dugaan bergaya hidup mewah, karena Firli menggunakan helikopter milik perusahaan swasta dalam perjalanan pribadi Firli dari Palembang ke Baturaja.

"MAKI telah menyampaikan melalui e-mail kepada Dewan Pengawas KPK berisi aduan dugaan pelanggaran kode etik oleh Firli Ketua KPK atas penggunaan helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja pada hari Sabtu, tanggal 20 Juni 2020," kata Boyamin, Rabu.

Selain laporan penggunaan fasilitas mewah, Firli juga dilaporkan atas dugaan melanggar protokol kesehatan saat melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan. Dalam kunjungan tersebut, Firli diduga tidak memakai masker dan mematuhi jaga jarak ketika bertemu puluhan anak-anak di Baturaja Sumatera Selatan.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top