Sate Klathak Yogya Kini Makin Dekat

Berita9.com - Selama ini pecinta kuliner di Yogyakarta bakal menuju ke Jalan Imogiri Timur Bantul untuk mencari Sate Klathak. Namun, tak jarang yang kemudian urung lantaran jarak cukup jauh untuk menuju sebelah ujung selatan DIY tersebut. 

Menangkap hal ini, AB Gunawan seorang penikmat kuliner kambing memberanikan diri membuka warung Sate Klathak di Yogya bagian utara tepatnya Jalan Monumen Jogja Kembali Blunyahgede sebelah timur RS Sakina Idaman. Pecinta kuliner ini lantas menggandeng juru masak yang sudah ahli di bidang sate Klathak dari kawasan Imogiri. 

Gunawan mengungkap warung yang diberinama Sate Klathak Pak Je 2 ini baru dibuka kurang lebih tiga minggu ke belakang. Animo tinggi penikmat sate di utara pun mulai terlihat dari semula ia hanya menyembelih 1 kambing setiap hari menjadi 2-3 ekor saat ini. 

“Awalnya memang saya penikmat sate kambing, kalau sedang kepingin klathak itu harus jauh ke Imogiri, itu janjiannya jam 7 malam nanti berangkat baru jam 10 pun sampai sana kehabisan karena kebetulan rumah saya di utara. Saya lantas berpikir, kenapa tidak buka sate klathak sendiri. Delapan tahun lalu mulai berpikir dan baru bisa diwujudkan awal 2018 ini,” ungkapnya. 

Basis pecinta kuliner ternyata membuat Gunawan sangat memilih untuk standarisasi sate klathak yang dibuat. Juru masak asli Imogiri hingga bahan kambing di bawah usia 5 bulan menjadi bukti keseriusan warung tersebut menghadirkan kuliner klathak. 

“Kalau tidak ada bahan kambing lima bulan ya kami tutup agar konsumen tidak kecewa. Klathak yang yang orang kenal ya empuknya, ini harus benar-benar dijaga. Juru masak pun langsung dari Imogiri yang pengalamannya sudah mumpuni,” sambungnya. 

Berbagai menu serba kambing pun ditawarkan di warung Sate Klathak Pak Je 2 ini seperti Klathak, tongseng (biasa-kepala), sate kecap, sate goreng, kicik, gule, tengkleng hingga nasi goreng kambing. Urusan harga, warung ini pun menerapkan standar yang biasa dipakai penjual di Jalan Imogiri Timur yakni Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu. 

Untuk urusan tempat, Gunawan juga sengaja mendesain dengan bentuk rumah kampung yang didominasi kayu. Meja dan kursi pun dibuat sederhana berwarna coklat yang membuat seolah konsumen berada di rumah jaman dulu. 

“Saya hanya berharap orang datang, makan bisa nyaman tapi juga tidak takut mahal. Sejatinya sate kambing itu kan makanan semua kalangan jadi ya tidak boleh membuat orang takut makan,” pungkasnya. 

Bagi anda yang kebetulan sedang berada di Yogya bagian utara di seputar Jalan Monjali atau Jalan Magelang, Mungkin tertarik mencoba Sate Klathak Pak Je 2 di sebelah timur RS Sakina Idaman.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top