Simulasi Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2019

Jakarta - KPU menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara jelang hari pencoblosan pada 17 April mendatang. Simulasi tersebut digelar di halaman Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Simulasi tersebut melibatkan seluruh unsur petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi, pengawas pemilu dan tenaga pengamanan.

Total sekitar 300 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilibatkan dalam simulasi tersebut.

Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan KPU, seorang pemilih hanya perlu meluangkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit untuk mencoblos.

Secara garis besar, menurut Ketua KPU Arief Budiman, tidak ada perbedaan alur pencoblosan dengan pemilu sebelumnya. Pemilih hanya perlu datang ke TPS yang telah ditentukan dengan membawa kartu identitas diri seperti e-KTP dan surat undangan memilih.

Hasil dari simulasi ini, nanti akan dijadikan bahan masukan bagi KPU. Selain menjadi bahan masukan bagi KPU, simulasi ini diharapkan dapat menjadi acuan saat proses perhitungan pada pemilu nanti, karena standar yang diterapkan dalam simulasi tersebut nantinya akan dipakai pada saat pemungutan suara.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top