Uji Jalur Sepeda Dalam Upaya Tingkatkan Kualitas Udara

Berita9.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba jalur khusus sepeda fase 2 dari Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di terowongan Kendal, Jakarta Pusat.
 
Anies dan rombongan berkumpul di Jalan RS Fatmawati untuk bersepeda bersama. Pada titik pertemuan, sepeda juga sudah disiapkan lengkap dengan alat keamanan seperti helm.
 
Anies bersama rombongan bergerak mulai pukul 07.25 WIB. Mantan Mendikbud itu terlihat santai menggunakan baju polo (kaus berkerah) berwarna biru. Ia juga mengenakan kacamata hitam saat mengendarai sepedanya.
 
Selama perjalanan, Anies ditemani oleh Kadishub Syafrin Liputo dan Dirut MRT William Sabandar. Selain itu, publik figur seperti Dimas Seto, Dhini Aminarti, Teuku Wisnu Arie Untung, Marcella Zalianty turut ikut dalam rombongan.
 
Ia menuturkan sepanjang Jalan Fatmawati merupakan salah satu rute yang diterapkan perluasan ganjil genap. Dengan adanya aktivitas bersepeda bersama, Anies ingin masyarakat mulai menggunakan sepeda dalam kesehariannya sebagai upaya peningkatan kualitas udara.
 
"Diterapkan ganjil genap di sini titik awalnya ganjil genap di daerah selatan. Nah, kita mengajak banyak warga untuk ikut bahwa kita mengajak bagi semuanya bahwa bersepeda sesuatu yang tidak merepotkan cukup bawa sepeda saja pakaiannya juga pakaian biasa saja," kata Anies sebelum bersepeda, Sabtu (12/10).
 
"Jadi sepeda bukan sebagai alat olahraga saja tapi juga sebagai transportasi yang ada bonusnya olahraga," lanjutnya.
 
Dalam perjalanan, ia juga terlihat sesekali menyapa warga dengan bersalaman. Sejumlah warga juga terlihat mengabadikan momen Anies saat berkendara sepeda. 
 
Sementara itu, Dima Seto mengapresiasi upaya Pemprov DKI membuat jalur khusus pesepeda. Menurut dia, jika fasilitasnya sudah memadai, terpenting selanjutnya adalah melakukan sosialisasi.

"Kalau dengan mensosialisasikan ini, tracknya juga tersedia kayaknya insyaallah kalau masyarakat melihat fasilitasnya tersedia insyaallah bisalah disosialisasikan untuk orang lebih banyak menggunakan dengan berjalan kaki atau kendaraan umum atau bersepeda," sambungnya.
 
(**/IST)
Rate this item
(0 votes)
Go to top