Vladimir Putin Menang Besar di Pilpres Rusia

Berita9.com - Vladimir Putin akan kembali memimpin untuk enam tahun ke depan setelah memenangkan Pemilihan Presiden Rusia. Dalam penghitungan hasil awal, Putin telah mendapatkan 75 persen dukungan.

Usai hasil penghitungan awal diumumkan, Putin menemui sejumlah demonstran di Moscow. Di hadapan demonstran, Putin menyebut, pemilih Rusia telah mengakui pencapaiannya selama beberapa tahun terakhir sebagai presiden.

Putin bahkan sempat tertawa ketika salah seorang pewarta bertanya apakah ia akan kembali mencalonkan diri untuk periode berikutnya. 

"Apa yang kamu tanyakan sedikit lucu, apakah kamu pikir saya akan bertahan di sini sampai berumur 100 tahun? Tidak!" kata Putin seperti dilansir BBC, Senin, 19 Maret 2018.



Komisi Pemilihan Pusat Rusia menyampaikan, saingan terdekat Putin, Pavel Grudinin telah mengantongi 13,2 persen suara sejauh ini. Selain Grudinin, pemilu ini juga diikuti mantan pembawa acara reality show Ksenia Sobchak dan seorang veteran Vladimir Zhirinovsky. Sedangkan, saingan utama dari partai oposisi Alexei Navalny dilarang mengikuti pemilihan umum.

Putin memperoleh 63,7 persen suara saat Pilpres 2012. Dalam kampanye kali ini, Putin berharap mendapatkan suara yang lebih besar dari sebelumnya. Tim kampanye Putin menyebut kemenangan pada pemilu kali ini sebagai kemenangan yang luar biasa. 

"Persentase yang baru saja kita lihat berbicara, ini adalah mandat yang dibutuhkan Putin untuk keputusan masa depan, dan dia memiliki banyak keputusan," kata seorang juru bicara kepada Interfax Rusia.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top