Warga Desa Ikut Deklarasi Anti Politik Uang

Berita9.com - Warga Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo mendeklarasikan diri sebagai desa anti politik uang dalam Pemilu 2019. Deklarasi dilakukan bersamaan dengan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang digelar Bawaslu Purworejo di kawasan wisata desa Curug Kaliurip.

“Terbentuknya desa anti politik uang ini bisa menjadi desa pencontohan. Di Purworejo, Kaliurip merupakan satu-satunya desa anti politik uang yang sudah terbentuk. Saya berharap dapat mengoptimalkan pengawasannya dalam kegiatan Pemilu nanti,” kata Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn, Sabtu (13/4). 

Deklarasi dihadiri warga Desa Kaliurip, perwakilan Forkopimcam Kemiri, dan kelompok sadar wisata Desa Kemiri. Pada acara ini mereka melakukan penandatangan deklarasi desa anti politik uang.

Setelah dibentuknya desa anti politik uang ini menurut Nur Kholiq yang didampingi para komisioner Bawslu lainnya, ada tugas berat yang harus dijaga. Paling tidak di desa ini jangan sampai terjadi praktik politik uang.

“Jangan sampai di desa ini suara rakyat dipengaruhi oleh pilitik uang, maka perlu usaha bersama untuk mengawasi kejahatan demokrasi,” tandasnya.

Diakui, terbentuknya sebagai desa anti politik uang bukan hal mudah. “Paling tidak jika pada puncak Pemilu nanti, tiba-tiba terjadi politik uang, maka masyarakat Desa Kaliurip harus bisa mencegah,” katanya seraya menambahkan, pencegahan itu sebagai bentuk pengawasan partisipatif.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top