Berapa Jam Yang Ideal Untuk Berolahraga Setelah Makan?

oleh -1789 Dilihat
oleh

Olahraga Setelah Makan Berapa Jam: Benarkah Mempengaruhi Kesehatan?

Apa yang Dimaksud dengan Olahraga Setelah Makan Berapa Jam?

Olahraga setelah makan berapa jam merujuk pada kebiasaan olahraga yang dilakukan setelah mengonsumsi makanan. Banyak orang percaya bahwa olahraga langsung setelah makan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kram perut, mual, atau meningkatkan risiko asam lambung naik. Oleh karena itu, masyarakat umum dianjurkan untuk menunggu beberapa waktu setelah makan sebelum melakukan aktifitas fisik yang intens.

Bagaimana Olahraga Setelah Makan Dapat Mempengaruhi Kesehatan?

Penundaan olahraga setelah makan memiliki landasan ilmiah yang masuk akal. Ketika Anda makan, sistem pencernaan Anda mulai bekerja untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Aktivitas fisik yang terlalu berat langsung setelah makan dapat mengalihkan aliran darah yang diperlukan untuk pencernaan ke otot yang sedang bekerja, sehingga memperlambat proses pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti rasa kembung, mual, atau bahkan muntah.

Idealnya, Berapa Jam Usai Olahraga Anda Harus Makan? - Health
Idealnya, Berapa Jam Usai Olahraga Anda Harus Makan? – Health

Terkait dengan asam lambung naik, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung. Olahraga setelah makan dapat meningkatkan risiko asam lambung naik, terutama jika gerakan yang dilakukan melibatkan posisi tubuh terbalik, seperti berjongkok atau melakukan yoga tertentu. Menghindari olahraga langsung setelah makan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya gejala ini.

Apa yang Diketahui dalam Penelitian?

Meskipun banyak pendapat umum tentang olahraga setelah makan, penelitian yang khusus difokuskan pada topik ini masih terbatas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga setelah makan tidak memiliki efek negatif signifikan pada pencernaan atau kesehatan secara keseluruhan. Namun, ini juga tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Makanan tinggi lemak dan serat dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga memerlukan waktu lebih lama sebelum aman untuk melakukan olahraga yang intens.

Tips Agar Tidak Makan Berlebihan Setelah Olahraga - Runners Case
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan Setelah Olahraga – Runners Case

Sebagai alternatif, banyak ahli kesehatan merekomendasikan waktu istirahat minimal 1-2 jam setelah makan sebelum melakukan olahraga yang intens. Waktu ini memberi tubuh kesempatan untuk mencerna makanan dengan baik dan mengurangi risiko ketidaknyamanan atau masalah pencernaan.

Apa Solusinya?

Jika Anda ingin tetap aktif setelah makan, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk menghindari masalah pencernaan. Pertama, pilih makanan yang lebih ringan sebelum berolahraga, seperti buah-buahan, yoghurt, atau makanan rendah lemak dan serat. Selain itu, perhatikan porsi makanan dan coba untuk tidak terlalu kenyang sebelum beraktivitas fisik.

Makan Setelah Olahraga Apakah Bikin Olahraga Sia-sia? Halaman all
Makan Setelah Olahraga Apakah Bikin Olahraga Sia-sia? Halaman all

Jika Anda merasa perlu untuk berolahraga lebih cepat setelah makan, pilihlah aktivitas fisik yang lebih ringan dan hindari gerakan yang melibatkan posisi tubuh terbalik. Misalnya, berjalan santai atau melakukan peregangan ringan dapat menjadi alternatif yang baik. Jangan lupa untuk tetap mendengarkan tubuh Anda dan menghentikan olahraga jika Anda merasa tidak nyaman.

Informasi Tambahan

Waktu tunggu setelah makan sebelum berolahraga dapat bervariasi tergantung pada individu dan kondisi kesehatan masing-masing orang. Jika Anda memiliki kondisi khusus atau masalah pencernaan yang serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang lebih spesifik.

Penting juga untuk diingat bahwa olahraga secara umum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Anda ingin menjaga kebugaran dan kesehatan fisik Anda, tetap aktif secara teratur dengan olahraga yang sesuai dan seimbang. Jadilah fleksibel dalam menjadwalkan waktu olahraga Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Kesimpulan

Olahraga setelah makan berapa jam dapat mempengaruhi kesehatan terutama terkait dengan masalah pencernaan. Meskipun penelitian masih terbatas, pilihan terbaik adalah menunggu minimal 1-2 jam setelah makan sebelum melakukan olahraga yang intens. Jika ingin tetap aktif setelah makan, pilihlah makanan yang lebih ringan dan hindari gerakan yang melibatkan posisi tubuh terbalik. Jadilah fleksibel dan dengarkan tubuh Anda untuk menentukan waktu olahraga yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.