Helm Inovatif Melindungi Otak Pengendara dengan Deteksi Dampak

  • admin
  • Apr 15, 2024

Inovasi Helm Pintar Lindungi Pengemudi Alat Berat dari Cedera Serius

Jakarta – Demi meningkatkan keselamatan pengemudi alat berat, para ilmuwan dari Fraunhofer Institute Jerman telah mengembangkan helm pintar yang mampu mendeteksi guncangan saat mengemudi. Perangkat ini memberikan peringatan dini jika tingkat guncangan membahayakan.

Helm inovatif ini didesain dengan sensor piezoelektret fleksibel yang dipasang pada tali pengikat di dalam helm. Sensor tersebut dapat menghasilkan sinyal listrik ketika mengalami tekanan fisik. Kekuatan sinyal tersebut sebanding dengan besarnya tekanan yang dialami.

Saat pengemudi mengendarai alat berat, sensor berulang kali mengalami deformasi, menghasilkan sinyal yang ditransmisikan ke modul penerima. Perangkat lunak komputer kemudian menganalisis data tersebut dan mengeluarkan peringatan jika guncangan melebihi ambang batas aman.

“Getaran yang dialami pengemudi alat berat dapat mencapai tingkat yang membahayakan kesehatan,” ungkap Bj√∂rn Seipel, ahli elektromekanik Fraunhofer. “Helm pintar kami memungkinkan pengukuran beban getaran secara akurat, sehingga keselamatan pengemudi dapat ditingkatkan secara signifikan.”

Teknologi ini tidak hanya melindungi pengemudi, tetapi juga membantu dalam desain peralatan konstruksi. Dengan memantau getaran, desainer dapat mengoptimalkan kendaraan untuk meminimalkan guncangan yang dialami pengemudi.

Artikel ini disadur dari Canggih, Helm Ini Deteksi Guncangan untuk Jaga Keamanan Otak Pengemudi

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *