Waspada Surat Panggilan Palsu Berkedok Aplikasi

  • admin
  • Apr 14, 2024

Polda Metro Jaya Waspadai Penipuan Melalui File APK Berkedok Panggilan Polisi

Jakarta – Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang memanfaatkan file Android Package Kit (APK) yang menyamar sebagai surat panggilan polisi.

“Masyarakat diimbau waspada terhadap penipuan berupa file APK,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi, di Jakarta, Jumat.

Polda Metro Jaya meminta masyarakat yang menjadi korban penipuan ini untuk segera melapor. “Bagi yang dirugikan agar segera melapor ke Polsek terdekat,” imbuhnya.

Informasi penipuan ini sebelumnya tersebar di media sosial, di mana seorang pengguna menerima pesan melalui WhatsApp dari nomor 0813-8027-2083 yang menampilkan foto profil lambang Polda Metro Jaya dan berisi pesan “SURAT PANGGILAN POLDA METRO JAYA”.

Pakar keamanan siber Bruce Hanadi mengingatkan bahwa penipuan melalui file APK dapat meretas data pribadi dan menguras rekening korban. “Malware dapat dikemas dalam berbagai format, termasuk APK, PDF, dan lainnya,” tuturnya.

Bruce menyarankan agar korban yang terlanjur mengklik file APK virus untuk segera mengganti seluruh kata sandi akun penting. “Ganti semua kata sandi, termasuk WhatsApp, email, dan e-banking,” katanya.

Para peretas bekerja dengan mengirim sejumlah data, termasuk kata sandi, ke server tertentu ketika korban mengklik tautan APK. Data tersebut kemudian dicoba diretas oleh penyusup.

“Penggantian kata sandi segera menjadi salah satu upaya penyelamatan dari upaya peretasan,” pungkas Bruce.

Artikel ini disadur dari Polisi imbau masyarakat waspadai aplikasi berkedok surat panggilan

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *