Round up – Kampanye hari ke-35 paslon berkontemplasi sejarah hidup

oleh -534 Dilihat
oleh
Round up – Kampanye hari ke-35 paslon berkontemplasi sejarah hidup

BERITA9.COM DKI Jakarta – Kampanye Pemilihan Umum Presiden kemudian Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ke-35, Awal Minggu (1/1), dimanfaatkan ketiga pasangan calon (paslon) untuk berkontemplasi dengan sejarah hidup sekaligus menyuarakan visi dan juga misi untuk warga di tempat wilayah barat dan juga sedang Indonesia.

 

Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan berada dalam Yogyakarta untuk berziarah di area makam ayahnya dan menapaktilasi sejarah hidup kakeknya yang mana merupakan pahlawan nasional, sedangkan Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar mempunyai program pribadi untuk mengawali tahun baru.

 

Aktivitas paslon lain, Calon Presiden RI Prabowo Subianto memilih tetap saja berada pada Ibukota dengan rencana pribadi, sementara Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkampanye di area Daerah Sragen, Jawa Tengah.

 

Sementara itu, Calon Presiden RI Ganjar Pranowo memilih untuk berkampanye dalam sekitar Pusat Kota Semarang, Jateng, sedangkan Cawapres Mahfud Md. mempunyai rencana pribadi.

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan pernyataan pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan juga delegasi presiden pada hari ke-35 kampanye.

 

Anies-Muhaimin

 

Anies mengawali tahun baru dengan berziarah ke makam ayahnya, Rasyid Baswedan, dalam kompleks Pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Di tempat itu, Anies teringat arahan sang ayah yang dimaksud masih relevan dengan kondisinya sebagai capres untuk menyebabkan perubahan.

 

Ayahnya menyatakan untuk Anies bahwa apabila ingin hidup nyaman, tidaklah perlu melakukan kegiatan apa pun. Namun, bila ingin terlibat pada sedang masyarakat, jangan pernah khawatir dengan apa yang dikatakan orang lain.

 

Setelah berziarah, Gubernur DKI Ibukota periode 2017—2022 itu melanjutkan perjalanan untuk menapaktilasi rumah sang kakek, Abdurahman (AR) Baswedan, di dalam Taman Yuwono, Jalan Dagen Nomor 19 Yogyakarta guna mengenang perjuangan masa lampau dari pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia itu.

 

Anies tampak menelusuri setiap sudut ruangan di area rumah yang disebutkan sama-sama keluarganya sambil berfoto di tempat banyak ruangan yang penuh kenangan.

 

Berdasarkan informasi dari Timnas AMIN, Cawapres RI Muhaimin Iskandar tidaklah miliki jadwal kampanye serta cuma mengisi awal tahun dengan aktivitas pribadi.

 

Prabowo-Gibran

 

Pada hari Mulai Pekan (1/1), Capres RI Prabowo yang juga Menteri Keamanan itu mengosongkan jadwal kampanye berdasarkan keterangan dari Tim Kampanye Nasional (TKN).

 

Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka berada di dalam Kota Sragen, Jateng, untuk berkampanye di area hadapan ribuan emak-emak di Pasar Gemolong pada siang hari.

 

Di lingkungan ekonomi tersebut, Gibran sempat menyapa rakyat yang digunakan sedang senam gemoy, dan juga mengapresiasi perkembangan jalan Solo-Purwodadi yang sudah rampung mulai Kalijambe hingga Gemolong.

Anak pertama dari Presiden RI Joko Widodo itu tak lupa untuk menyampaikan selamat tahun baru lalu mengimbau publik agar tiada percaya dengan informasi bohong atau hoaks yang dimaksud beredar di area media sosial.

 

Selain itu, Gibran bersatu rombongan regu kampanye juga mengecek harga jual permintaan pokok kemudian berdialog dengan pedagang pada Pasar Gemolong.

 

Dari pasar, Gibran melanjutkan perjalanan untuk berdialog dengan pelaku perniagaan mikro, kecil, dan juga menengah (UMKM) serta pedagang dan petani hutan.

 

Saat berdialog serta mengangkat aspirasi itu, Gibran memandang perlu sosialisasi acara bantuan modal yang tersebut ternyata belum menyasar ke seluruh pelaku UMKM.

Gibran mengatakan bahwa pihaknya akan menerapkan kegiatan inkubasi untuk membantu UMKM seperti pada Daerah Perkotaan Solo bila memenangi Pilpres 2024 dengan Prabowo.

Gibran juga sempat menjelaskan persoalan aturan peniaga kaki lima (PKL) yang tersebut tak boleh berjualan pada sembarang tempat untuk para pelaku usaha.

 

Ganjar-Mahfud

 

Pada hari pertama tahun ini, Capres RI Ganjar Pranowo mengunjungi makan siang sama-sama Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud kemudian jaringan sukarelawan di tempat salah satu hotel di dalam Perkotaan Semarang, Jateng.

 

Ganjar hadir di bazar minyak goreng diskon di dalam GOR Satria, Daerah Perkotaan Semarang. Dalam kegiatan itu, Ganjar juga mendengar keluhan warga terkait kenaikan tarif beras sekaligus berharap bazar tidak mahal dapat mengempiskan beban publik untuk membeli keperluan pokok.

 

Setelah hadir di bazar, di dalam lokasi yang tersebut sama, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyaksikan dengan segera pemberitahuan dukungan dari Asosiasi Pedagang Mie lalu Bakso (Apmiso) di tempat GOR Satria, Pusat Kota Semarang.

 

Dalam kegiatan pengumuman itu, Ganjar menjanjikan biaya daging hemat bila memenangi Pilpres 2024.

 

Ganjar melanjutkan aktivitas kampanye dengan meluncurkan inisiatif GratisIn untuk memenuhi permintaan internet supercepat, gratis, juga merata di tempat seluruh Indonesia pada hari ke-35 kampanye.

 

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa sasaran dari acara itu adalah para pelajar dari keluarga tiada mampu yang digunakan kerap kesulitan untuk mengakses informasi dari dunia maya karena mahalnya nilai kuota internet.

 

Berdasarkan informasi dari Tim Pemenangan Nasional (TPN), Cawapres RI Mahfud Md. memilih untuk mengosongkan jadwal kampanye pada awal tahun ini.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga akan segera pasangan calon presiden juga delegasi presiden menjadi kontestan Pemilihan Umum Presiden juga Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian juga penetapan nomor urut partisipan Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

SUMBER ANTARANEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.